Mengenali penyebab dan mengatasi sakit gigi

mengatasi sakit gigi

Sakit gigi bukanlah hal yang menyenangkan. Satu-satunya hal yang dapat mengalahkan sakit gigi adalah sakit hati, kata sebagian orang. Begitu dahsyat rasa sakitnya hingga bisa membuat orang dewasa menangis. Meskipun begitu, sakit gigi merupakan masalah kesehatan bagi banyak orang, baik anak maupun dewasa. Sakit gigi umumnya dikarenakan pola hidup yang kurang baik dan kurang paham akan kesehatan gigi. Gigi berlubang bukan disebabkan ulat, namun disebabkan oleh pertemuan antara bakteri dan gula. Gula akan diubah menjadi asam oleh bakteri sehingga dapat melubangi dentin gigi. Saat lubang semakin besar dan mencapai saraf gigi, maka rasa sakit akan mulai mendera penderita.
mengatasi sakit gigi
Sakit gigi tidak bisa dipandang sebelah mata karena jika didiamkan akan terjadi pembengkakan dan peradangan. Selain itu gigi yang berlubang dapat menjadi saluran masuk bagi kuman untuk menuju peredaran darah. Supaya tidak semakin parah, anda sebaiknya segera pergi ke dokter gigi untuk diobati, ditambal atau dicabut. Banyak orang tidak suka pergi ke dokter gigi karena biaya mahal, takut karena gigi rusak, dan lainnya. Padahal solusi untuk membenahi sakit gigi adalah menemui dokter gigi. Sakit gigi tidak dapat sembuh dengan sendirinya, meskipun rasa sakitnya telah hilang keadaan gigi tetaplah berlubang dan akan semakin besar dari hari ke hari.

Umumnya dokter gigi akan melakukan penambalan saat lubang masih cukup kecil. Namun gigi yang sakit tidak dapat langsung ditambal karena gas yang ada di dalam gigi tidak akan bisa keluar dan anda akan tetap merasa sakit. Untuk itu dokter akan memberi obat untuk meredakannya dan disarankan mengunjunginya kembali setelah sakitnya hilang untuk mendapatkan penambalan gigi. Sedangkan untuk gigi yang sudah berlubang cukup besar, maka harus dicabut. Namun apabila masih sakit, maka harus menunggu sembuh dulu. Dokter akan memberikan obat dan menyarankan untuk kembali beberapa hari setelah rasa sakitnya hilang. Hal ini supaya anastesi (bius) dapat bekerja maksimal dan anda tidak kesakitan saat gigi anda dicabut.

Cara mencegah gigi berlubang adalah dengan mengetahui hal-hal penting tentang gigi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Periksa gigi secara berkala, tiap enam bulan sekali. Dengan pemeriksaan yang rutin maka dokter dapat mendeteksi lubang kecil yang mungkin terjadi dan dapat ditangani segera sebelum menjadi lebih besar.
  • Teratur menyikat gigi dengan benar serta waktu yang tepat dapat mengurangi resiko sakit gigi. Seperti diketahui, sisa makanan dapat menyebabkan lubang jika bertemu dengan bakteri.
  • Selalu berkumur setelah makan dapat mengurangi sisa makanan menempel pada gigi. Selain itu berkumur juga dapat mengurangi tingkat keasaman mulut dan gigi.
  • Makanan yang berserat rata-rata juga mengandung kalsium yang bagus untuk pembentukan dan perawatan gigi supaya lebih kuat.
  • Kurangi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak tepung karena jika tidak dibersihkan dari gigi dengan benar maka akan menghasilkan asam yang merusak gigi.

Demikian adalah cara untuk mengenali dan mengatasi sakit gigi. Semoga ini dapat membantu anda untuk lebih waspada dan sehat. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *