Mengenali ciri-ciri penyakit jantung

penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang paling berbahaya di dunia, selain penyakit kanker tentunya. Sebagian orang tidak mengetahui bahwa dirinya menderita penyakit jantung karena tidak mengetahui ciri-cirinya. Seringnya mereka mengetahui penyakit jantung setelah timbul gejala kronis sehingga sudah terlambat untuk diatasi.

penyakit jantung

Ciri-ciri penyakit jantung

Penyakit jantung memiliki banyak ciri-ciri, diantaranya adalah nyeri di dada dan kelelahan. Namun terkadang orang menganggap nyeri di dada dan kelelahan hanya sebagai sakit biasa. Kebanyakan orang yang bekerja pasti mengalami kelelahan, sakit kepala, nyeri dada dan gejala lain, namun banyak yang mengabaikannya sehingga seringkali terlambat untuk melakukan pencegahan.

Ciri awal seorang mengalami penyakit jantung adalah sebagai berikut:

  • Jantung berdebar-debar atau sakit sekali seperti diremas
  • Keluar banyak keringat dingin
  • Mendadak pusing atau pening
  • Badan terasa lemas mendadak
  • Mual dan muntah
  • Nafas pendek seperti tersengal atau sesak nafas

Jantung yang sakit seperti diremas adalah akibat dari kurangnya oksigen pada bagian otot jantung. Setelah itu nyeri akan menjalar pada kepala, leher dan lengan. Nyeri yang dirasakan dapat berbeda pada masing penderita. Sesak nafas juga dapat terjadi pada penderita sakit paru-paru dikarenakan otot kekurangan oksigen. Jantung yang tidak normal tidak dapat memompa darah dengan efektif sehingga badan terasa lemas. Oleh karena itu jika seorang mengalami kelelahan yang tidak wajar setelah beraktifitas, maka ada kemungkinan ia mengalami sakit jantung. Aliran darah yang kurang lancar juga dapat menyebabkan pusing, mual dan mendadak pingsan.

Penyakit jantung sulit diduga

Selain ciri-ciri penyakit jantung diatas, penyakit jantung memang tidak bisa diduga. Ciri-cirinya mirip dengan gejala masuk angin biasa. Untuk memastikannya anda bisa beraktivitas olahraga ringan, jika anda merasa tidak kuat, ada kemungkinan anda menderita penyakit jantung. Jika hal itu terjadi, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Ciri penyakit jantung seperti sesak nafas dan berkeringat banyak atau hampir pingsan sama seperti gejala penyakit ringan. Untuk itu anda tidak perlu panik dan menyimpulkan bahwa anda sakit jantung sebelum memastikannya dengan berkonsultasi dengan dokter.

Ciri yang paling utama tentu saja pada bagian jantung, seperti penjelasan diatas. Jika jantung terasa nyeri, anda patut waspada namun jangan panik dan segera konsultasi dengan dokter. Pencegahan dapat dilakukan jika belum terlambat dan anda harus berterus terang dengan dokter tentang apa yang anda rasakan. Penyakit jantung ini memang cukup berbahaya apabila terlambat penanganannya karena dapat menyebabkan hilangnya nyawa.

Demikian penjelasan kami tentang ciri penyakit jantung. Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu pencegahan awal untuk penyakit jantung adalah dengan pola hidup yang sehat dan teratur. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. (iwan)

Facebook Comments

1 Comment

  1. penyakit jantung

    Informasi sebanyak-banyak dan sejelas-jelasnya tentang penyakit jantung memang perlu disebarluaskan kepada masyarakat luas. Di tengah gaya hidup dan pola makan yang tidak baik, setiap orang sangat rentang terkena penyakit jantung. Maka peringatan dini kepada siapapun adalah sesuatu yang semestinya.

    Sekedar mengingatkan kita semua bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian terbesar di dunia, termasuk di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *