Mengenali cara mengobati gusi bengkak dan penyebabnya

cara mengobati gusi bengkak

cara mengobati gusi bengkak

Gusi bengkak adalah suatu keadaan dimana gusi kita mengalami peradangan yang lalu dapat mempengaruhi tulang yang menopang gigi. Peradangan pada gusi bengkak disebabkan oleh bakteri yang terkumpul ketika terbentuk plak pada gigi. Jika tidak dibersihkan dengan benar, plak akan menempel kuat pada gigi dan gusi, bahkan lama kelamaan akan melapisi gigi. Jika anda belum terkena radang gusi, lebih baik segera rajin menggosok gigi setiap hari supaya bakteri dan sisa makanan tidak membentuk plak yang menginfeksi gigi dan gusi kita. Plak yang terbentuk sebenarnya dapat membahayakan gusi dan tulang yang menopang gigi.

Umumnya orang terlalu malas menggosok gigi sebelum tidur karena sudah terlalu capek karena aktivitas seharian. Namun perlu diketahui bahwa bakteri yang ada di mulut justru bekerja ekstra keras untuk merusak gigi dan gusi anda di malam hari. Untuk itulah kita harus rajin menggosok gigi, terutama di malam hari. Supaya gigi kita terawat dan terlihat rapi dan tidak ada plak yang terbentuk di gigi dan gusi kita. Sekedar info, plak bisa menyebabkan peradangan gusi dan bau mulut. Tentu saja ini tidak baik bagi pergaulan kita.
Tahap-tahap peradangan gusi antara lain:

  • Gingivitis adalah peradangan yang disebabkan oleh plak gigi yang terbentuk di sekitar gigi dan mengeluarkan zat toksin yang menyebabkan iritasi pada lapisan luar gusi dan timbul gingivitis. Ini ditandai dengan keluarnya darah saat menggosok gigi.
  • Periodontitis adalah suatu tahap dimana tulang serta jaringan penyangga gigi sudah terinfeksi bakteri dan mengalami kerusakan. Gusi akan menjadi kantong penampung makanan dan menjadi perangkap makanan yang menempel.
  • Advanced periodontitis adalah suatu keadaan dimana jaringan dan tulang penyangga gigi telah hancur. Ini adalah tahapan terparah dalam peradangan gusi. Hal ini menyebabkan gigi goyang, rapuh atau bahkan tanggal. Selain itu pipi penderita akan terlihat bengkak dan proses pencernaan makanan dengan mengunyah tidak lagi nyaman dilakukan

Tentu setiap penyakit bisa dicegah dan diobati. Untuk mencegah gigi bengkak, kita dapat melakukan hal –hal dibawah ini:

  • Menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah dan sebelum tidur. Sikat gigi juga baik dilakukan setelah makan, terutama makanan yang mengandung gula dan tepung.
  • Perawatan rutin ke dokter atau ahli kesehatan gigi setiap enam bulan sekali, terutama untuk membersihkan plak yang menempel di gigi kita.
  • Jika kondisi gusi sudah buruk, ada baiknya meminta bantuan dokter untuk melakukan perawatan.

Adapun obat gusi bengkak secara tradisional adalah sebagai berikut:

  • Seratus gram tawas dicampur dengan tiga ratus mililiter air dan pepermint. Setelah itu gunakan berkumur.
  • 15 gram daun akar sereh, 20 gram kunyit dan garam secukupnya direbus dalam air 500 ml hingga tersisa 200ml. Sharing lalu minum sekali sehari.
  • 5 lembar daun sirih dicampur dengan 200 ml air lalu direbus hingga air tinggal 100 ml. Air rebusan ini disaring dan digunakan berkumur setiap pagi dan sore.

Gigi memang bagian tubuh yang sepele dibandingkan yang lain, namun sakit gigi tidak bisa diabaikan begitu saja. Sudah banyak orang membuktikan bahwa sakit gigi itu bukan main tidak enak rasanya. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *