Mengenal tokek dan manfaatnya bagi kesehatan manusia

gambar tokek

gambar tokek

Tokek

Tokek adalah suatu hewan reptile yang berwarna belang kecoklatan yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan cicak. Hewan ini lebih besar daripada cicak dan hidup di tempat yang hampir mirip dengan cicak. Tokek memiliki banyak jenis namun umumnya yang sering ditemui di rumah kita adalah dari marga Gekko. Marga ini tersebar di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara serta Asia Timur seperti Jepang dan Korea dan juga di sekitaran kepulauan di Samudra Pasifik. Hewan yang aktif di malam hari ini tidak diragukan lagi telah dikenal oleh banyak orang dan seringkali digunakan sebagai gurauan karena suaranya. Namun ternyata tokek tidak hanya sebagai alat ejek mengejek, tokek juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.

Manfaat Tokek bagi kesehatan

Manfaat tokek dalam kehidupan manusia adalah dalam bidang kesehatan. Dalam dunia kesehatan terutama pengobatan alternatif, tokek adalah salah satu bahan obat yang bisa dianggap mujarab. Oleh karena manfaat tokek inilah banyak orang berburu tokek, harganya semakin mahal jika semakin besar. Bahkan ada yang sudah beternak tokek supaya tidak perlu lagi berburu tokek. Memang hewan reptil satu ini sangat bisa diternakkan dalam satu sistem yang dikontrol dengan ketat.

manfaat tokek untuk kesehatan

Tokek dipergunakan dalam pengobatan tradisional China. Ilmuawan China berusaha mengembangkan obat tumor dengan organ tubuh tokek. Para ilmuwan dari Universitas Henan misalnya, menghasilkan penelitian yang mengatakan bahwa zat aktif tokek dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh suatu organisme. Studi ini dipimpin oleh Profesor Wang yang dipublikasikan pada tanggal 7 Juli 2008 pada World Journal of Gastroenetrologu. Metode pengobatan kanker yang ditemukan oleh ilmuwan China ini dianggap lebih efektif dan tidak menyakitkan daripada kemoterapi. Obat ini perpaduan antara Traditional Chinese Medicine (TCM) dan kemoterapi namun memiliki tingkat toksifikasi yang lebih rendah daripada kemoterapi biasa.

Asal manfaat dari tokek bagi kesehatan

Manfaat tokek bagi kesehatan manusia berasal dari semua bagian tubuh tokek. Antibodi yang dimiliki tokek sangat berguna untuk menetralisir racun dalam tubuh manusia. Tokek umumnya digunakan sebagai obat alergi dengan berbagai macam jenis alergi. Tokek dapat digunakan untuk mengobati segala jenis alergi kulit dan alergi pernafasan seperti asma, gatal-gatal, kudis, eksim, dan penyakit alergi lainnya. Pangkal ekor tokek yang dapat melakukan regenerasi sel dipercaya dapat membantu memulihkan tenaga dan mengganti sel tubuh yang rusak setelah sakit.

Manfaat tokek yang paling populer adalah tokek dapat mengembalikan fungsi vitalitas pada pria setelah melakukan banyak aktivitas. Tokek juga dipercaya dapat mengobati impotensi pada pria dan mengembalikan kebugaran organ kelamin pria seperti sedia kala. Bagi anda yang berminat untuk mengkonsumsi tokek, saat ini sudah banyak hasil olahan dari sinshe atau pengobatan China yang berbahan dasar tokek. Anda hanya perlu mencarinya dan menggunakan sesuai dengan takaran untuk mendapatkan manfaat yang dikehendaki. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *