Mengenal tekanan darah rendah dan gejala-gejalanya

tekanan darah rendah

Pengertian tekanan darah rendah

Darah rendah adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang berada dibawah tekanan normal atau mencapai 90/60 mmHg. Nama lain dari tekanan darah rendah ini adalah hipotensi. Umumnya hipotensi ditandai dengan berbagai keluhan kesehatan pada seseorang karena tekanan darah yang normal pada orang yang tidak terlalu tua, ideal tinggi dan berat badannya adalah sekitar 120/80 mmHg. Jika tekanan darah diantara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg, itu masih dianggap normal karena umumnya orang dengan tekanan darah sebesar itu tidak memiliki keluhan kesehatan. Angka awal adalah tekanan sistolik yakni tekanan ketika darah dipompa keluar dari jantung, sedangkkan angka yang belakang merupakan angka diastolik, yakni ketika darah masuk kembali ke paru-paru.

tekanan darah rendah

Orang dapat terkena darah rendah karena beberapa hal. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah keletihan yang tidak diimbangi dengan pola makan teratur dan sehat. Kebanyakan orang yang mengalami tekanan darah rendah adalah wanita dikarenakan jika sedang sibuk wanita lebih tidak memperhatikan pola makan daripada pria. Pada umumnya pria tidak akan lupa makan kecuali jika sedang depresi atau stres berat, dimana itu juga merupakan penyakit. Tekanan darah rendah dapat terjadi pada semua usia, namun tekanan darah rendah lebih rentan terjadi pada orang yang lebih tua.

Penyebab tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh stroke volume atau kekuatan otot jantung yang ketika menguncup dan mendorong darah keluar dari bilik jantung. Semakin kuat otot jantung memompa, semakin banyak volume darah yang keluar dan tekanan yang diterima pembuluh darah juga makin besar, begitu pula sebaliknya. Selain itu tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh heart rate atau detak jantung tiap menit yang cukup rendah. Heart rate yang normal adalah 60-80 detak per menit. Jika lebih rendah dari 60, maka akan menyebabkan tekanan darah rendah. Sedangkan jika lebih dari 80 akan mengakibatkan tekanan darah tinggi. Kedua hal ini bisa diakibatkan oleh suplai energi yang kurang kepada jantung atau ada penyakit yang menyebabkan jantung melemah.

Gejala Tekanan Darah Rendah

Gejala darah rendah adalah diantaranya dimulai dengan sering menguap, cukup sering pusing, penglihatan menjadi kabur dan berkunang ketika harus berdiri tiba-tiba dari posisi duduk atau berbaring. Sering terjadi keringat dingin dan cepat merasa lelah. Rasa pusing yang terjadi akibat kurangnya suplai suplai ke otak karena darah membawa zat kebutuhan otak. Jika terlalu parah, maka akan berujung kepada pingsan, dimana itu adalah suatu mekanisme untuk memudahkan darah mengalir ke otak. Perlu diketahui, ketika otak tidak mendapatkan darah selama sepersekian detik saja, maka otak akan mengalami kerusakan.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah darah rendah berbeda dengan kurang darah. Kurang darah disebabkan oleh produksi hemoglobin yang kurang. Memang kurang darah dan tekanan darah rendah memiliki gejala yang sama. Oleh karena itu anda perlu berkonsultasi ke dokter jika mengalami gejala seperti diatas sehingga penanganan bisa dilakukan segera.(iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *