Mengenal Sumber Vitamin B Kompleks, fungsi dan akibat jika kekurangan

admin May 27, 2012 3



Vitamin merupakan senyawa organik yang terdapat pada makanan yang mutlak diperlukan agar terjadi pertumbuhan tubuh yang normal. Vitamin diperlukan dalam jumlah relatif sedikit dan tidak membebaskan energi. Vitamin dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air adalah Vitamin B dan C. Sedangkan vitamin yang terlarut dalam lemak adalah Vitamin A, D, E, dan K.
Sumber Vitamin B Kompleks
Salah satu kandungan vitamin yang penting bagi pertumbuhan manusia adalah vitamin B kompleks, yaitu vitamin B1, B2, B3, B6, B11, dan B12. Berikut ini kami rangkum sumber, fungsi dan akibat yang ditimbulkan jika kekurangan masing-masing vitamin B tersebut.

1. Vitamin B1

Sumber makanan yang mengandung Vitamin B1 adalah beras merah, kuning telur, susu, jantung, hati, otak, katul, gandum, wortel, kacang hijau, dan ragi.
Fungsi Vitamin B1 adalah menjaga keseimbangan air dalam tubuh, membantu penyerapan lemak pada usus, dan membantu metabolisme karbohidrat.
Jika kekurangan konsumsi Vitamin B1 dapat menyebabkan beri-beri dan neuritis, selera makan menurun, gangguan metabolisme karbohidrat, dan peredaran cairan tubuh akan terhambat.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 ditemukan pada makanan susu, keju, sayuran, telur, beras, gandum, hati, ginjal, dan jantung.
Vitamin B2 berfungsi untuk merangsang kinerja saraf mata dan memperlancar oksidasi zat makanan.
Kekurangan vitamin B2 bisa menyebabkan penglihatan mata kabur karena katarak dan keratitis, perlukaan di sudut mulut, dan pertumbuhan tubuh akan terganggu.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 terdapat pada makanan kedelai, kol, ragi, susu, hati, tomat, dan bayam.
Vitamin B3 berfungsi dalam proses pertumbuhan dan pembelahan sel, mencegah penyakit pelagra, dan membantu perombakan karbohidrat.
Bila kekurangan Vitamin B3, seseorang bisa terserang penyakit pelagra dengan gejala dermatitis. Tanda-tanda pelagra antara lain kulit mengelupas, kemerahan, pecah-pecah, dan eksim. Kekurangan Vitamin B3 juga bisa menyebabkan penyakit demensia (cepat lupa dan cepat lelah), anemia, pendarahan di gusi dan usus, dan diare.

4. Vitamin B6

Vitamin B6 terdapat pada makanan telur, ikan, daging, hati, biji-bijian, dan sayuran.
Vitamin B6 bermanfaat dalam proses pertumbuhan, pembentukan sel-sel darah, dan merangsang kerja urat saraf.
Jika kekurangan Vitamin B6, manusia bisa terkena gejala anemia, pelagra, susah buang air besar, dan dermatitis.

5. Vitamin B11 dan B12

Kandungan Vitamin B11 bisa kita temukan pada makanan hati. Sedangkan Vitamin B12 terdapat pada makanan hati, ikan, dan susu.
Fungsi vitamin B11 dan B12 adalah membantu pertumbuhan sel darah merah dan mencegah terjadinya pernisiosa. Pernisiosa adalah gejala anemia akut yang bisa menyebabkan kematian pada manusia penderita.
Kekurangan vitamin B11 dan B12 bisa menyebabkan terjadinya kekurangan zat besi dalam darah (anemia).

Demikian informasi kesehatan ini kami bagi. Semoga bisa berguna untuk Anda.

Referensi:
www.bioalami.blogspot.com/2008/07/manfaat-vitamin-b-kompleks.html
www.id.wikipedia.org/wiki/Vitamin_B

 

3 Comments »

  1. Sri Nurviana Mellenia February 8, 2013 at 7:54 pm -

    Info nya bermanfaat bangetttt
    Thanks thor :)

  2. Sri Nurviana Mellenia February 8, 2013 at 7:52 pm -

    Wahhh kebetulan ada tugas TATABOGA tentang Vitamin B kompleks
    Thenks ya thor :)

  3. dz November 14, 2012 at 8:39 am -

    baca n3 vitamin B-complex. Untuk yg inginkn supplement B-complex yg bagus boleh ambil Vitamin B-Complex Shaklee. Sila ke http://dzladyzwardrobe.blogspot.com tuk keterangan lanjut.TQ

Leave A Response »