Mengenal penyebab sirosis hati

pengertian Sirosis hati

Definisi Pengertian Sirosis

Sirosis hati menurut Laence (1819) adalah suatu keadaan yang berupa perubahan struktur hati akibat nodus sel hati yang dikelilingi jaringan penyusun organ mengalami fibrosis atau pertumbuhan jaringan ikat. Kata sirosis berasal dari kata khirros yang artinya kuning oranye. Secara normal, sel hati dapat meregenarasi diri sendiri dalam siklus tertentu. Regenarasi sel ini terjadi akibat fungsi sebagai detoksin atau penawar racun membuat sel menjadi mudah rusak. Racun ini bisa berasal dari sari makanan yang dibawa dari sistem pencernaan atau hasil dari bakteri.

pengertian Sirosis hati

Proses terjadinya sirosis hati

Hepatosit adalah sekumpulan sel khusus yang dapat menghasilkan sel baru menggantikan sel yang sudah rusak. Pada penderita sirosis hati, proses regenerasi menjadi terhambat karena hepatosit tidak dapat bekerja penuh akibat tumbuhnya jaringan ikat pada bagian yang seharusnya ditempati sel hati. Kegagalan proses regenerasi ini tentu saja mengakibatkan hati tidak bisa menjalankan fungsi secara normal. Jika ini terjadi maka proses metabolisme tubuh menjadi tidak normal disebabkan oleh fungsi hati yang sangat kompleks. Hati juga menghasilkan berbagai macam protein dan enzim pencernaan. Hati juga memproduksi komponen koagulan, menyimpan kelebihan glukosa di dalam darah dalam bentuk glikogen.

Penyebab umum terjadinya sirosis hati

Hingga saat ini, belum banyak yang diketahui tentang penyakit ini. Sirosis hati diduga disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B atau C yang merusak sel hati sehingga terjadi fibrosis. Kebiasaan hidup yang tidak sesuai dengan jam biologis tubuh juga dapat memicu terjadinya sirosis hati. Pola hidup tidak sehat juga dapat memicu sirosis hati seperti mengonsumsi alkohol secara terus menerus. Makanan yang dikonsumsi pun juga dapat menyebabkan sirosis hati, seperti zat pewarna, pengawet maupun pemanis buatan. Zat-zat yang dapat membuat hati bekerja lebih keras dalam proses detoksifikasi membuat sel hati cepat mengalami kerusakan. Jika hepatosit tidak cepat menggantikan sel hati yang rusak, maka kemungkinan besar hati akan mengalami sirosis dan bahkan dapat menjadi kanker.

Faktor internal penyebab sirosis hati

Faktor lain yang dapat menyebabkan sirosis antara lain adalah faktor genetis, salah satu penyebab sirosis hati. Sirosis hati memang lebih banyak diderita oleh pria daripada wanita. Faktor kedua adalah hepatitis autoimun adalah sebuah kasus yang langka. Ada antibodi yang diproduksi oleh tubuh seharusnya digunakan untuk menyerang protein asing atau protein yang dimiliki oleh makhluk hidup lain seperti bakteri dan virus justru menyerang sel-sel hati. Kerusakan yang ditimbulkan pada sel hati akan sangat besar dan dapat menimbulkan sirosis. Kelebihan berat badan yang menyebabkan penumpukan lemak di sekitar organ hati juga dapat menyebabkan sirosis hati.

Penyebab sirosis hati pada bayi

Sirosis hati tidak hanya menyerang orang dewasa namun juga dapat menyerang anak-anak dan bayi. Bayi dapat menderita sirosis akibat tersumbatnya saluran empedu. Saluran empedu mengalirkan empedu yang dihasilkan oleh hati ke usus. Cairan empedu membantu mencerna lemak di usus. Jika saluran ini tersumbat maka cairan empedu tidak dapat mengalir ke usus dan memenuhi organ hati sehingga menyebabkan kerusakan atau sirosis hati. Pada orang dewasa hal ini juga bisa saja terjadi. Pada umumnya pada orang dewasa terjadi karena komplikasi pembedahan kantung empedu .

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *