Mengenal Penyakit Radang Tenggorokan – Ciri-ciri dan Pengobatannya

admin November 2, 2012 3


Radang tenggorokan

Jika seseorang merasakan perih atau sakit pada tenggorokan, utamanya saat menelan sesuatu, hal tersebut tidak boleh dianggap remeh. Bisa jadi rasa sakit tersebut adalah akibat dari radang tenggorokan. Menderita radang tenggorokan bukanlah suatu hal yang nyaman karena tenggorokan dilewati makanan dan minuman setiap kali kita makan. Penyakit ini akan membuat kita malas makan dan berakibat pada penurunan kesehatan. Penyakit ini sebaiknya segera diobati, jika tidak ingin lebih repot dengan aktivitas yang terganggu. penyakit radang tenggorokan

Ciri-ciri radang tenggorokan

Dalam istilah medis, radang tenggorokan diberi nama sebagai Faringitis. Radang tenggorokan terjadi saat tenggorokan mengalami infeksi, dinding tenggorokan akan berubah menjadi bengkak dan menebal. Tenggorokan pun akan berubah memerah seperti bagian tubuh lain yang terinfeksi, dimana ada tambahan semacam bintik-bintik putih. Hal inilah yang membuat benda yang melalui tenggorokan akan menimbulkan rasa sakit dan perih yang amat sangat. Radang tenggorokan dapat terjadi dikarenakan terjadinya demam tinggi pada seseorang. Pada saat demam melanda, tenggorokan akan terasa panas. Maka jika demam tidak bisa teratasi dengan segera, maka tenggorokan akan terasa sakit dan akan meradang jika berlanjut tanpa diberikan perawatan.

ciri radang tenggorokan

yokylie.wordpress.com

 

Pada anak-anak, mereka tidak bisa mengatasi hal ini sendiri, bahkan sebagian dari mereka tidak memberitahu orang tua mereka karena takut disuruh minum obat yang rasanya pahit. Orang tua harus pandai dalam membujuk anak untuk mengatakan apa yang dirasakan pada tubuhnya, terutama tenggorokan. Anak-anak harus diberi pengertian yang benar mengenai sakit tenggorokan dan akibat yang bisa ditimbulkan jika tidak segera diobati. Umumnya anak-anak akan mau mengikuti apa yang disarankan orang tuanya karena bahasa yang digunakan adalah menggunakan kasih sayang dan cinta. Anak-anak tidak boleh dibentak, dimarahi atau diancam karena justru akan membuatnya semakin takut mengatakan yang sebenarnya. Orang tua cukup mengatakan bahwa mereka sayang padanya dan ingin dirinya segera sembuh. Dikarenakan orang tua tidak dapat membantu si anak jika si anak tidak mau, maka membujuk seperti itu adalah cara yang ampuh untuk meluluhkan ketakutan anak.

Pengobatan pada radang tenggorokan

Pengobatan pada radang tenggorokan dapat dilakukan dengan dua alternatif, yakni obat yang diberikan oleh dokter THT atau ramuan tradisional. Namun untuk radang yang sudah akut, membengkak dan mengganggu aktivitas konsumsi makanan seharusnya dilakukan tindakan pembedahan. Hal ini dikarenakan jika dibiarkan berlarut-larut akan menimbulkan penyakit lainnya. Sedangkan untuk ramuan tradisional, anda dapat menggunakan lempuyang. Lembuyang disajikan dengan cara yang sederhana, yakni dengan ditumbuk dan kemudian direbus. Air rebusan lempuyang inilah yang kemudian disaring dan diminum sebagai obat radang tenggorokan. Ramuan ini dapat diminum setiap hari selama seminggu penuh. Untuk menambahkan cita rasa, anda dapat menambahkan madu atau gula merah.

Demikian adalah radang tenggorokan dan pengobatannya. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://sehatdan-murah.blogspot.com/2012/07/cara-mengobati-radang-tenggorokan.html

 

3 Comments »

  1. muhamad ramadan December 5, 2012 at 6:58 am -

    terimakasih kak atas informasinya, sangat bermanfaat sekali :)
    kalau boleh nanya, kak ada cara lain ga untuk mencegah penyakit randang tenggorokannya balik lagi?
    misalnya terapi mandiri, atau ramuan tradisional gituh kak selain minum air putih: :D
    makasih kak :)
    wassalamu’alaikum

  2. suprih hatin November 29, 2012 at 6:41 am -

    .kalau sakitnya sudah 4 hari apa bisa disebut parah??

  3. Don November 14, 2012 at 10:14 am -

    salah satu cara lain, mungkin radang tenggorokan bisa terhindari apabila kita sering minum air putih.. :)

Leave A Response »