Mengenal Penyakit Mata Belekan dan cara mengobatinya

admin July 22, 2012 12


cara mengatasi mata belek

Mata adalah organ yang penting bagi kita. Satu dari lima indera yang berfungsi untuk melihat ini adalah organ yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup manusia. selain penting, mata juga sangat sensitif. Gangguan sekecil apapun yang dialami oleh mata, akibatnya bisa berbahaya bagi manusia. Oleh karena itu kita disarankan untuk serius dalam menjaga kesehatan dan kebersihan mata. Segera cari alternatif obat sakit mata yang sesuai dengan gejala jika merasa ada yang tidak beres dengan mata anda.

Penyakit Mata Belek

Salah satu penyakit mata yang mengganggu adalah belek atau adanya kotoran di ujung mata. Mata belekan atau berair adalah salah satu tanda yang nampak ketika mengalami gangguan atau penyakit. Ini adalah suatu indikator bahwa ada kotoran di mata. Pada bayi, ini adalah hal yang biasa jika muncul dalam jumlah yang wajar dan terbatas. Namun jika jumlahnya tidak wajar bahkan membuat bayi kesulitan membuka kelopak mata, maka diperlukan obat sakit mata. Pada bayi biasanya disebabkan adanya sumbatan pada saluran air mata yang menuju hidung. Hal ini sangat dimungkinkan dan dokter akan memberikan obat yang tepat untuk menyembuhkannya. Namun sebelumnya harus diperiksa dengan teliti apakah air mata dan belek yang ada masih dalam batas wajar atau tidak, karena pemberian obat akan memberi efek negatif jika ternyata bayi itu sehat.

Cara mengatasi mata belekan atau merah

Mata merah atau belekan juga dapat terjadi pada orang dewasa. Namun berbeda dengan bayi, kebanyakan orang dewasa belekan karena virus. Pada kasus tertentu, penyerangan virus ditunggangi oleh bakteri sehingga timbul infeksi. Gejala awalnya adalah rasa pedih di mata dan dilanjutkan dengan mata merah dan membengkak. Kesulitan membuka mata ketika bangun tidur adalah satu pertanda bahwa infeksi terjadi cukup serius. Kesulitan ini terjadi karena belek yang menempel di sekitar kelopak mata sangat banyak. Dewasa ini obat untuk penyakit ini sudah banyak beredar di apotik tanpa perlu resep dokter. Umumnya obat dalam bentuk tetes, namun juga ada yang salep. Salep efektif digunakan pada infeksi yang sangat serius karena mudah menempel pada lapisan lendir mata dan tidak gampang larut pada air mata. Namun penggunaan ini kurang populer dibandingkan obat tetes.

obat tetes mata belekan merah

Terkadang mata kita mengalami iritasi ringan akibat debu atau benda asing. Kita dapat membersihkan mata dengan memanfaatkan air mata kita sendiri. Caranya adalah cuci wajah anda hingga bersih, terutama bagian sekitar mata lalu keringkan. Ambil satu siung bawang putih, kuliti lalu belah menjadi dua bagian. Bagian dalam yang basah bisa digosokkan di kelopak mata bagian bawah. Cara ini akan membuat anda merasakan sensasi perih dan gatal. Namun zat aktif dalam bawang akan merangsang produksi air mata yang dapat membersihkan mata anda dengan sendirinya. Cara ini lebih aman karena pembersihan menggunakan air mata anda sendiri yang dijamin kebersihan dan pH sesuai dengan mata. Jangan digaruk, dikucek atau dilap. Biarkan air mata anda keluar hingga sensasi perihnya hilang. (iwan)

 

12 Comments »

  1. b.hisham February 21, 2013 at 9:45 pm -

    yg tradisional pk daun sirih yg direbus…lalu kedip2kan mata k dalamnya (spt pemakaian borwater/yrin). memang periiiihhhh tp insyaAllah cpt sembuhna

  2. tommy boys February 5, 2013 at 2:50 pm -

    saya belekan pake obat tetes vasacon-a sembuh dalam 2 hari. udah ga gatal lagi. lalu untuk bangun tidur mata merah kasi obat tetes tobroson – tobramycin dexamethasone. mkgn berguna bagi yg laen.

  3. royan February 3, 2013 at 1:02 pm -

    kalo, obat tradisionalnya ada nggak ?

  4. ruben January 30, 2013 at 3:47 pm -

    yang bener jangan pake bawang putih.. mikir aja hal yang sedih,,, pasti nanggis, aku aja gampang nanggis

  5. Febria Dwi Vadlisky January 19, 2013 at 4:51 am -

    Mksi Bgt Ya om ,, aku aaja Smpe klo bgn tdr , mata susah d buka gara gara Belekan :( N smpe skrg ug cma d ksi obat mata … GA MEMPAN :((

Leave A Response »