Mengenal penyakit Maag – bagaimana pencegahan dan pengobatannya

penyebab penyakit maag

Penyakit Maag

Gaya hidup perkotaan yang identik dengan kesibukan membuat banyak orang memiliki pola makan yang tidak teratur. “Tidak sempat” atau “tidak ada waktu” adalah salah satu alasan utama mereka yang bekerja di perkotaan. Hal ini dapat menyebabkan penyakit maag. Penyakit maag adalah penyakit terlukanya lambung oleh asam lambung sendiri akibat produksinya terlalu tinggi. Penyebab maag selain pola makan yang tidak teratur adalah makanan yang tidak dipastikan nilai gizinya. penyebab penyakit maag

Makanan-makanan tidak sehat bagi lambung

Akhir-akhir ini banyak ditemukan makanan yang mengandung banyak bahan kimia. Makanan ini beredar di pasaran dengan ditambahkan bahan pengawet, pemanis buatan, asam buatan berlebihan. Semua makanan yang mengandung zat tersebut berpotensi memicu produksi asam lambung yang lebih banyak daripada biasanya. Oleh karena itu dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti ini, tidak disangsikan bahwa penyakit maag siap menyerang. Penyakit maag dapat menyebabkan gangguan dan nyeri pada lambung, disertai dengan mual dan terkadang diare. Banyak orang menganggap bahwa maag adalah penyakit sepele, padahal maag tidak boleh dianggap enteng , apalagi jika rasa sakit pada perut sudah dirasa berlebihan. Menurut banyak ahli medis, ada korelasi yang kuat antara penyakit maag dan penyakit kanker lambung.

Pencegahan dan pengobatan penyakit maag

Penyakit maag harus ditangani segera sebelum menjadi maag kronis. Hal-hal yang bisa mengurangi penyakit maag itu diantaranya adalah:

  1. Makan dengan jadwal yang teratur

Penderita maag harus makan teratur setiap hari. Metode ini merupakan obat yang paling mujarab untuk mencegah dan menyembuhkan, utamanya bagi yang belum parah. Jangan makan yang banyak-banyak, justru akan memperberat kinerja lambung. Makan yang sedikit-sedikit saja namun sering.

  1. Mengunyah makanan dengan baik, lebih dari 32 kali

mengunyah makanan selembut-lembutnya merupakan suatu cara supaya lambung kita tidak bekerja terlalu keras dalam menghancurkan makanan.

  1. Menghindari makanan tertentu

Selain memperhatikan kandungan gizi pada makanan, kurangi juga makanan yang memicu asam lambung seperti kopi, makanan pedas dan makanan lain yang dapat membuat produksi asam lambung berlebihan.

  1. Minum susu kedelai

Kandungan serat yang tinggi dalam susu kedelai terbukti dapat mengatasi permasalahan pencernaan pada manusia, diantaranya maag, kembung dan radang saluran cerna, serta lain-lainnya.

  1. Menggunakan kunyit sebagai obat tradisional

Kunyit adalah obat tradisional leluhur kita. Kunyit dikenal sebagai obat maag juga, hal ini sesuai dengan suatu laporan bahwa kunyit dapat menyembuhkan luka, seperti yang dilaporkan sejak tahun 1953.

  1. Jangan membiasakan stress

Stress dapat menyebabkan asam lambung meningkat dan penyakit maag akan kambuh. Maka dari itu sebagai manusia akan lebih baik selalu berpikir positif dan menjauhkan segala penyebab setres.

  1. Jangan merokok

Rokok dapat meningkatkan asam lambung dan menghambat kesembuhan luka di lambung. Selain itu perokok justru lebih memilih merokok daripada makan.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengobati maupun menghindari penyakit maag. Semua adalah pilihan anda, tergantung usaha yang anda lakukan. Yang perlu diwaspadai adalah jangan sampai penyakit maag yang dianggap sepele dapat menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://jogja.tribunnews.com/2012/08/13/mengenali-gejala-sakit-maag-pada-lambung-dan-cara-mengatasinya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *