Mengenal penyakit Hepatitis A – tanda tanda dan penyembuhannya

admin August 29, 2012 5


Hepatitis A

Hepatitis A adalah suatu penyakit yang menyerang fungs organ hati atau lever. Penyakit ini akan merusak metabolisme tubuh karena lever tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Penyebab hepatitis A adalah virus hepatitis tipe A. Virus ini asalnya dari luar dan masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang terkontaminasi virus ini. Hepatitis A tidak pandang bulu dalam menyerang manusia. Siapa saja bisa terserang penyakit ini, apakah tua atau muda, pria atau wanita. Jika sudah parah, maka penyakit ini akan berujung pada sirosis atau kerusakan hati pada level yang parah. Hepatitis A

Penyakit hepatitis sendiri terdiri dari tiga varian, dimana hepatitis A adalah salah satunya. Dari ketiga jenis hepatitis, tipe A adalah termasuk ringan dan bisa disembuhkan dengan cepat jika terdeteksi cukup dini. Virus hepatitis mudah menyebar melalui lingkungan yang kurang baik, terutama media yang dikeluarkan oleh tubuh manusia yang penderita hepatitis A seperti tinja, air ludah dan air seni. Tindakan preventifnya sangat jelas sekali, yakni membersihkan lingkungan dan vaksinasi hepatitis.

Masa inkubasi virus hepatitis A

Masa inkubasi yang terjadi pada hepatitis A dari awal masuk ke dalam tubuh hingga menyebabkan penyakit adalah selama 12 hari hingga 6 minggu. Setelah masa inkubasi, virus akan mulai berkembangbiak dan menyerang organ tubuh, yakni organ hati atau lever. Selama masa inkubasi, orang yang terinfeksi virus hepatitis A tidak merasakan suatu hal yang janggal dalam tubuhnya, bahkan ia menjalani kehidupan normal seperti halnya orang sehat. Padahal saat itu sistem kekebalan tubuhnya sedang kewalahan membasmi virus hepatitis A.

Tanda-tanda penyakit hepatitis A

Setelah masa inkubasi akan masuk dalam fase penyerangan. Pada fase ini akan terjadi gangguan kesehatan pada pengidapnya. Dimulai dari demam tinggi dan muntah-muntah secara terus menerus. Selera makan orang yang terserang hepatitis akan menurun bahkan hilang sehingga badannya lemas tak bertenaga. Ada yang terasa mengganjal di ulu hati dikarenakan lever mengalami pembengkakan dan peradangan. Perubahan yang tampak di mata kita adalah perubahan warna kulit pengidap hepatitis A. Warna kulitnya akan berubah menjadi kuning pucat, bahkan orang yang berkulit gelap sekalipun akan terlihat. Air kencing juga menjadi keruh pekat seperti air teh. Pengidap hepatitis A sangat sensitif terhadap bau menyengat dan akan mual jika menciumnya.

Penyembuhan penyakit hepatitis A

Penyakit hepatitis A dalah penyakit yang cukup mudah disembuhkan jika ditangani secara cepat dan tepat oleh petugas medis atau dokter. Pengobatan medis dilakukan dengan memberikan obat penyakit hepatitis A yang sudah ditemukan. Pengidap hepatitis A diharuskan dirawat di rumah sakit untuk membersihkan penyakitnya dan memulihkan fungsi hati supaya bisa bekerja normal kembali. Jika dirawat dirumah, dikhawatirkan akan semakin parah karena kebersihan dan gizi penderita tidak terjaga dengan baik. Disamping itu juga untuk menghindari penularan kepada anggota keluarga yang lain. (iwan)

 

5 Comments »

  1. Intan rizki March 24, 2013 at 11:33 am -

    assalamuaikum,saya mau tanya,kmaren anak saya umur9thn terkena hepatitis A,stlah 1minggu kndisix alhamdulila udah membaik tp skrng tmbh gtal2 disekujur tbh kt dokter bilirubinx keluar,maksudx apa ya mhn dijawab.thank

  2. fia March 15, 2013 at 5:37 pm -

    saya sering pnas ,,hati rsanya skit ,,apa itu merupkan tanda2 terkena hepatitis

  3. rian February 13, 2013 at 6:07 pm -

    Thanks infonya,
    Ibu sya akhr akhr ini mengalami gjala sprti diatas , telah dprksa trnyata trkena hepatitis a,
    Dianjurkan utk rawat inap.
    Namun ibu menolak krena mrsa msh kuat dan diperbolehkan dokter hanya dngn rawat jalan.
    Sya khawatir apakh dgn rwat jalan ttap bsa ,nyembuhlan atau harus rawat inap ?
    Kalopun dgn rawat jalan apa yang sebaiknya dpat dilakukan untuk penyembuhan. Mohon sarannha tks

  4. admin September 24, 2012 at 6:11 am -

    Menurut kami sebaiknya mbak Pratiwi melakukan pemeriksaan kembali ke dokter, untuk mendapatkan penjelasan yang lebih baik.

  5. Pratiwi September 24, 2012 at 5:59 am -

    Ass. Saya bru2 ini divonis oleh dokter trkena penyakit hepatitis A stelah sya mengalami gejala2 sperti yg djelaskan diartikel tdi saya smpat drawat drumahsakit slama 9hari. Stlah sya keluar dri segi nafsu makan sya sdah baik sya jg sdah tdk muntah lg dan air kencing jg sda baik ttpi telapak tngan sya dan mata sya msi brwarna kuning pucat. Apakah penyakit hepatitis itu msi ada dlam tubuh sya? Lalu bgaimana cra baik untk menyembuhkannya? Mhon sarannya. Trims

Leave A Response »