Mengenal penyakit cacar air dan pencegahannya

admin August 4, 2012 1


cacar air foto

Penyakit cacar air adalah salah satu penyakit yang masih menjadi wabah di Indonesia. Penyakit yang dikenal dengan nama lain Chicken Pox ini dapat menyerang siapa saja sekalipun orang dewasa, namun lebih sering menyerang anak-anak dan mereka yang belum pernah terkena penyakit ini sebelumnya. Penyebaran penyakit ini sangat cepat dari waktu ke waktu. Jika satu diantara keluarga ada yang terkena cacar air, anggota keluarga yang lain bisa saja terkena, terutama yang belum pernah sakit cacar. Untuk itu penanganan dengan membawa ke dokter harus cepat dilakukan dan kontak fisik dengan anggota keluarga lain juga harus diminimalisir.

Penyebab infeksi cacar air

Penyebab sakit cacar air adalah adanya infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Penyakit ini disebarkan melalui udara atau disebut dengan aerogen, sehingga sangat mudah menular pada orang lain yang ada di sekitar penderita. Selain itu virus ini juga mudah menular melalui kontak fisik antara penderita dengan orang lain yang sehat melalui lepuhan kulit yang menderita cacar.

Gejala penyakit cacar air

Gejala umum yang terjadi pada orang yang terkena penyakit cacar air lainnya adalah yang pertama dan paling mudah dikenali adalah badan menjadi cepat lelah, lesu dan tidak enak. Kemudian timbul pusing atau sakit kepala ringan, nyeri sendi dan kemudian timbul demam. Penanganan yang cepat dan tepat dapat meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. Pada anak, biasanya gejala yang timbul hanya demam ringan saja hingga tiga hari. Lantas setelah itu muncul bintik merah yang membentuk papula yang berisi cairan yang rasanya sangat gatal. Papula ini pada umumnya muncul pertama kali di dada, perut atau pinggang. Setelah itu baru menyebar ke bagian tubuh yang lain. Papula ini akan pecah dengan sendiri dan membentuk lepuhan. Lepuhan akan mengering dan bekasnya menghilang asalkan tidak digaruk dan terjadi infeksi lanjutan.

Pengobatan dan Pencegahan Cacar Air

Dokter umunya akan memberikan pengobatan berupa salep atau obat yang mengandung Asiklovir 5 % (anti virus).  Salep dioleskan pada lepuhan yang sudah pecah saja untuk mempercepat keringnya lepuhan tersebut. Penderita cacar air disarankan mandi seperti biasa, untuk memperkecil lingkup penyebaran penyakit ini. Mandi menggunakan sabun antiseptik ataupun larutan antiseptik seperti larutan PK sangat disarankan untuk membunuh virus.

Baik orang yang belum terinfeksi sakit cacar maupun yang sudah terinfeksi penyakit cacar, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, mengandung banyak vitamin seperti vitamin C wajib dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Hindari kontak fisik dengan penderita cacar karena virus ini mudah untuk menyebar. Pisahkan pakaian maupun tempat tidur pada anak-anak yang menderita cacar dan yang tidak menderita cacar. Imunisasi cacar air berupa vaksin varisela harus diberikan pada anak sekitar usia 12 bulan. Namun virus ini menyerang daya tahan tubuh, maka gizi yang baik dapat menunjang kekebalan tubuh yang prima. (iwan)

 

One Comment »

  1. Ichwan Riyanto December 25, 2012 at 8:30 pm -

    “Papula ini akan pecah dengan sendiri “, pada kalimat ini mohon diganti “Papula ini akan mengempis dengan sendirinya”, sebab pecah artinya papula itu mengeluarkan cairan dari papula itu sendiri. Dan bila ini terjadi akan timbul bopeng berwarna hitam yang juga terjadi cekungan pada bopeng tadi.

Leave A Response »