Mengenal Pengertian malpraktek Dokter dan cara menghindarinya

iwan November 28, 2012 0


Pengertian Malpraktek Dokter

Beberapa tahun belakangan kita sering mendengar istilah malpraktek yang dilakukan oleh dokter. Malpraktek ini dapat berakibat ringan atau bahkan fatal bagi pasien. Pengertian dari malpraktek kedokteran adalah sebuah proses yang melibatkan kesalahan prosedur penanganan seorang pasien yang dilakukan oleh dokter. Kesalahan yang dimaksud diantaranya adalah kesalahan pada diagnosa, kesalahan pemberian obat, kesalahan pemberian terapi atau kesalahan penanganan pasien oleh dokter. Dalam semua kasus malpraktek kedokteran, pasien tentu adalah pihak yang dirugikan. Kerugian yang ditanggung tidak hanya secara materil, namun lebih dari itu bisa saja berupa kerugian secara kejiwaan dan mental pasien beserta keluarga. malpraktek dokter ilustrasi

Tidak jarang terjadi kasus malpraktek bisa mengancam eksistensi jiwa seseorang yang berakibat pada hilangnya nyawa. Jika ternyata tidak meninggal, bisa juga menimbulkan dampak cacat permanen pada tubuh seorang pasien korban malpraktek. Di negara kita tercinta Indonesia, hak pasien dalam kasus malpraktek belum digunakan sepenuhnya oleh para korban malpraktek. Hal ini disebabkan oleh pengetahuan masyarakat sebagai pasien di Indonesia yang kurang paham dengan aturan yang tercantum dalam Undang-Undang Kesehatan, dimana hak pasien dijamin dalam mendapatkan layanan kesehatan yang layak dan aman.

Selain karena sosialisasi Undang-Undang yang kurang dilakukan oleh instansi terkait, tingkat pendidikan masyarakat di kalangan menengah kebawah juga tidak cukup mampu untuk memahami kompleksitas sebuah Undang-Undang. Maka dari itu banyak pasien yang pada akhirnya hanya pasrah menerima nasib ketika mendapatkan masalah ketika menggunakan layanan kesehatan, utamanya sebagai korban malpraktek. Hal ini masih ditambah lagi dengan sikap apatisme berbagai kalangan masyarakat tentang sistem hukum Indonesia yang hanya tajam ke bawah, alias tidak adil. Contoh kasus yang mungkin masih hangat di ingatan kita adalah seorang ibu bernama Prita Mulyasari yang justru dituntut mencemarkan nama baik RS, hanya karena ia bercerita tentang malpraktek yang menimpa dirinya. Ini membuat masyarakat semakin takut berurusan dengan pihak berkuasa.

Cara menghindari malpraktek dokter

Untuk menghindari kejadian malpraktek, ada hal yang harus kita perhatikan, yakni diantaranya adalah:

  • Pilih tempat pengobatan (RS atau Klinik) yang memiliki reputasi cukup baik. Jangan hanya mempertimbangkan jarak dengan rumah sebagai dasar memilih tempat berobat. Jangan ragu memilih di tempat yang jauh asalkan reputasinya bagus, meskipun di dekat rumah anda ada layanan kesehatan tetapi belum jelas reputasinya.
  • Ketika pasien melakukan rawat inap, akan ada dokter yang ditunjuk untuk menangani pasien. Jangan ragu untuk meminta dokter yang anda percayai kepada pihak manajemen, apalagi jika anda merasa ragu dengan dokter yang menangani pasien yang anda bawa.
  • Jangan takut untuk bertanya kepada dokter mengenai tindakan medis yang dilakukan. Menurut UU Kesehatan, keluarga pasien berhak tahu apa saja tindakan medis yang dilakukan dokter kepada pasien. Jangan ragu untuk bertanya mengenai diagnosa, dasar tindakan medis dan apa manfaat dari tindakan medis yang dilakukan oleh dokter tersebut.
  • Jangan takut untuk bertanya kepada dokter obat yang diberikan kepada pasien. Sebagai keluarga, anda berhak tahu dan dilindungi oleh UU Kesehatan. Hal ini karena tidak jarang ada oknum dokter hanya mengejar komisi dari perusahaan distributor obat sehingga memberikan obat yang lebih banyak atau bahkan tidak diperlukan kepada pasien.

Demikian adalah langkah-langkah yang bisa menghindarkan kita dan keluarga dari malpraktek kedokteran. Semoga artikel ini dapat membantu. (iwan)

 

Leave A Response »