Mengenal panas dalam dan penyebabnya

panas dalam

Pernah merasakan panas dalam? Tentu saja semua orang pasti pernah. Panas dalam tentu saja sangat tidak menyenangkan bagi siapa saja yang mengalaminya. Kondisi ini terjadi ketika bibir anda pecah-pecah, tenggorokan kering dan susah buang air besar. Gejala panas dalam ini membuat tidak nyaman dalam menjalani hari dan membuat kita senewen dan uring-uringan saja. Makan pun tak enak karena rasanya semua makanan membuat kita tidak nyaman. Selain melewatkan makanan-makanan lezat, kita bisa juga terkena penyakit karena telat makan. Belum lagi masalah pergaulan karena bau mulut yang timbul karenanya. Oleh karena itu cara terbaik adalah berusaha supaya penyakit ini tidak menghampiri kita.
panas dalam
Makanan berminyak adalah salah satu penyebab anda dapat mengalami panas dalam. Apalagi jika makanan yang berminyak tersebut anda konsumsi dalam keadaan panas. Mungkin saja minyak goreng yang digunakan adalah jenis minyak goreng yang tidak sehat untuk tubuh. Sering mengkonsumsi gorengan tidak hanya dapat mengakibatkan panas dalam, namun juga dapat mengakibatkan kolesterol dan kanker. Sebaiknya keringkan minyak terlebih dahulu menggunakan kertas yang menyerap minyak. Pencegahan lainnya adalah dengan tidak memakannya dalam keadaan panas. Minyak yang digunakan untuk menggoreng haruslah minyak sehat yang tidak digunakan sampai berkali-kali.

Hal kedua yang dapat menyebabkan panas dalam adalah makanan pedas. Jumlah makanan pedas yang masuk ke dalam tubuh kita harus dikendalikan karena makanan yang terlalu pedas atau keseringan makan pedas dapat meningkatkan resiko panas dalam. Rasa pedas yang memberikan sensasi membakar mulut dan lidah akan membuat perut anda akan terasa panas. Membatasi makanan pedas masuk ke dalam tubuh anda supaya nutrisi anda tetap seimbang dan anda tidak merasakan dampak yang menyiksa dari penyakit panas dalam yang menyiksa hari-hari anda.

Kekurangan serat dan vitamin C juga dapat memicu panas dalam. Makanan berserat mampu menjaga metabolisme tubuh supaya lancar, terutama dalam menjamin kelancaran buang air besar. Peredaran zat dan cairan akan lancar jika metabolisme lancar. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan bibir pecah-pecah dan gusi berdarah. Anda bisa memperoleh serat dan vitamin C dari buah-buahan dan sayuran. Meskipun saat ini sudah ada suplemen yang praktis, namun alangkah lebih baiknya jika anda tetap bergantung pada hal yang alami seperti sayuran dan buah.
penyebab panas dalam
Ketiga adalah kurangnya cairan atau dehidrasi. Seperti tumbuhan, manusia juga membutuhkan air yang cukup. Fungsi air kurang lebih sama dan memiliki urgensi yang penting karena pengaruhnya terhadap metabolisme tubuh cukup besar. Keringat, urin dan sekresi lainnya menguras banyak cairan tubuh dan itu semua harus digantikan. Semakin aktif anda beraktivitas, semakin anda membutuhkan banyak air. Minum air minimal 8 gelas sehari atau air kelapa muda adalah hal yang bagus untuk mengatasi panas dalam.

Selain hal-hal diatas, panas dalam juga disebabkan oleh kebiasaan sikat gigi yang salah dan kesehatan gigi dan mulut yang terganggu. Cara mengatasi panas dalam adalah dengan mengatasi dulu penyebabnya. Lakukan pencegahan dari penyebab tersebut maka anda akan terhindar dari panas dalam. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *