Mengenal mineral penting dalam tubuh manusia, apa saja jenisnya? kenali di sini

admin October 11, 2012 0


Jenis Mineral penting dalam tubuh manusia

Selain air sebagai bahan utama penyusun tubuh manusia, ada mineral yang mendukungnya. Mineral yang ada dalam tubuh manusia dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni:

  1. Mineral makro yang menyumbang 1 persen dari berat badan kita. Tubuh manusia membutuhkan mineral makro ini setidaknya 1000 mg per hari. Mineral makro ini antara lain adalah Kalium, Natrium, Magnesium, Kalsium, Klorida, Sulfur dan Fosfor.
  2. Mineral mikro menyumbang 0,01 persen dari berat badan kita. Kebutuhan akan mineral makro diperkirakan sebesar 100 mg per hari. Mineral makro ini antara lain adalah Seng, Silisium, Mangan, Besi, Yodium, Fluoride, Tembaga dan Kromium.

Dari sekian banyak mineral tersebut, baik makro dan mikro, yang terbanyak keluar dari tubuh manusia utamanya keringat adalah kalium, natrium dan klorida. Makin banyak seorang manusia mengeluarkan keringat, maka tubuhnya akan semakin banyak kehilangan tiga jenis mineral tersebut. Oleh karena itu akan terasa lemas dan kurang bertenaga. Manusia harus minum air yang mengandung mineral supaya tidak terjadi dehidrasi.

air mineral

Mengenal mineral Kalium

Kalium dalam tubuh manusia terbanyak berada pada cairan intraseluler, sekitar 90 persen. Konsentrasi kandungan kalium dalam tubuh manusia adalah kurang lebih 2 gram per kilogram berat badan. Secara total, kebutuhan manusia akan mineral ini adalah sekitar 782 mg per hari. Kelebihan kalium akan dikeluarkan oleh tubuh bersamaan dengan urin dan keringat. Fungsi kalium antara lain:

  1. Mengatur keseimbangan cairan elektrolit
  2. Mengatur kadar asam basa dalam tubuh manusia
  3. Memiliki peran dalam transmisi saraf
  4. Pengatur enzim
  5. Terlibat dalam kontraksi otot

Kalium adalah mineral yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi serta mengatur aktivitas otot dan vitalitasnya. Kekurangan kalium dapat berakibat fatal, yakni timbulnya suatu penyakit yang disebut hipokalemia. Pada keadaan hipokalemia ringan, tidak menimbulkan gejala apapun. Namun jika kekurangan kalium berlanjut, maka akan terjadi hipokalemia berat yang berujung pada kelumpuhan otot, baik di organ gerak maupun organ-organ yang lain.

Mengenal mineral Natrium

Natrium banyak tersimpan dalam ciaran tubuh dan jaringan lunak. Fungsi natrium antara lain:

  1. Mengatur keseimbangan cairan elektrolit
  2. Berperan dalam menjaga aktivitas saraf
  3. Memiliki peran dalam absorbsi glukosa
  4. Terlibat dalam kontraksi otot

Mengenal mineral klorida

Klorida adalah bahan berbahaya jika dalam jumlah besar dan berada di alam bebas. Namun di dalam tubuh, klorida sangat bermanfaat. Tentu saja dalam jumlah yang terbatas. Fungsi klorida antara lain:

  1. Mengatur keseimbangan cairan elektrolit
  2. Mengatur tingkat asam lambung
  3. Mengatur kadar asam basa dalam tubuh manusia

Kelebihan klorida dalam jumlah yang masih bisa ditoleransi akan dikeluarkan melalui keringat.

referensi : http://rikahome.multiply.com/journal/item/5/Manfaat-Mineral-Dalam-Tubuh-Manusia

 

Leave A Response »