Mengenal Migren, Jenis, Gelaja dan Cara Mengatasi Migren

Foto sakit migren

Pengertian Migren

Migrain atau Migren merupakan salah satu jenis sakit kepala yang sangat umum. kalau pun anda belum pernah merasakan, pastinya pernah mendengar dari orang disekitar anda, biasanya para wanita yang lebih banyak mengeluhkan migren ini. Migren umumnya dikenal sebagai sakit kepala sebelah, karena memang terasa sakit hanya di satu sisi kepala saja.

Foto sakit migren
pengertian Migren, Jenis dan Gelaja

Menurut majalahkesehatan, pengertian Migren adalah salah satu jenis sakit kepala yang umumnya terasa pada satu sisi kepala, terasa berdenyut, dan disertai rasa mual dan muntah. Ketika masa sebelum pubertas, baik laki-laki maupun perempuan memiliki kemugkinan yang sama untuk mengalami migren. tapi ketika masa pubertas berakhir, perempuan atau wanita memiliki kemungkinan yang lebih besar terkena migren dibandingkan pria, tiga kali lebih sering terkena. Migren mempengaruhi sekitar 2 sampai 10 persen pria dan 5 sampai 25 persen pada wanita. Sakit kepala migren pertama kali umumnya terjadi pasa usia antara 10 – 11 tahun. Sebuah studi di skotlandia menyebutkan bahwa, dari 2165 anak berusia 5 – 15 tahun, 11 % nya pernah mengalami migren. Kemudian migren akan menurun setelah melewati usia 45 sampai 50 tahun.

Penyebab Migren

Migren merupakan sakit kepala neurovaskular, merupakan keadaan dimana stimulasi saraf menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Ini akan menimbulkan rasa sakit dan stimulasi lebih lanjut dari sistem saraf pusat. Mengenai penyebab migrain ini belum begitu jelas, namun yang jelas adalah faktor geneik. Umumnya para penderita migren memiliki keluarga yang juga mengalami migren.

Pemicu Migren

Beberapa hal yang dapat menjadi pemicu sakit kepala migren antara lain,

  • kurang tidur,
  • tidak makan atau puasa,
  • mengkonsumsi makanan tertentu seperti yang mengandung vetsin, nitrat, aspartam, kafein. penyebab makanan yang paling mungkin yaitu keju, jus jeruk, dan cokelat.
  • masa menstruasi untuk wanita,
  • rasangan visual seperti lampu yang berkedip,
  • perubahan cuaca.
  • Jika ada serangan migren ketika sering terbangun di malam hari atau ketika bangun di pagi hari, kemungkinan pemicunya adalah kadar gula darah yang rendah atau hipoglikemia. migren jenis ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan ringan sebelum tidur.

Jenis Migren

migrain anak-anak
Foto anak migren ilustrasi

Berdasarkan polanya, migren terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut :

  • Migren pada anak-anak, ketika masa anak-anak sampai usia awal remaja banyak yang mengalami gejala migren, gejala ini seperti muntah dan mual namun tanpa sakit kepala. Jadi mereka hanya merasa sakit perut. sehingga migren ini sering dinamakan migren perut. Migren ini tidak berlangsung lama jika dibandingkan migren pada orang dewasa, berlangsung antara 30 menit sampai 48 jam, jika tanpa pengobatan.
  • migren dengan aura. Aura di sini maksudnya adalah sebuah tanda, jadi sebelum sakit kepala sebelah datang, beberapa oragan tubuh akan mendapatkan tanda. Seperti tidak dapat melihat dengan jelas secara tiba-tiba atau melihat titik berkedip, terkadang membentuk setengah lingkaran yang secara perlahan membesar. Kelemahan, kesemutan pada satu sisi tubuh, atau kesulitan bicara juga bisa merupakan tanda akan mengalami migren. aura atau tanda ini umumnya berlangsung kurang dari 40 menit, lalu hilang saat sakit kepala berlangsung, disertai dengan rasa sakit dengan mual dan muntah seperti migran umumnya, namun pada migren dengan aura ini berlangsung lebih singkat, umumnya kurang dari 24 jam.
  • Migren tanpa aura, Jenis migren ini terjadi tanpa adanya aura atau tanda tanda, langsung saja terjadi. Migran jenis ini merupakan yang paling umum terjadi, yaitu terjadi sekitar 80 % kasus migren.
  • Migren menstruasi. Ada sekitar 60 % wanita mengalami migren jenis ini,  Migren jenis ini terjadi antara 2 hari sebelum haid sampai akhir haid. menurut hasil sebuah studi, faktor pemicunya karena penarikan estrogen. Setelah puncak singkat di saat ovulasi, kandungan estrogen menurun secara drastis. umumnya kehamilan bisa bedampak positif pada migren ini.

Gejala Migren

Gejela serangan migren bisa melewati sampai empat fase. namun tidak semua fase muncul dalam setiap serangan, dan kurang dari 20% penderita mengalami fase kedua yaitu aura.

–  Fase pertama:  prodromal. Fase ini merupakan tahap peringatan awal, beberapa orang mungkin memiliki perasaan tidak jelas,  namun perasaan ini bisa memberi tanda bahwa mereka akan mendapatkan serangan migren. Tidak semua orang mendapatkan perasaan ini atau menyadari artinya. Terkadang orang di sekitarnya lebih menyadari tanda-tandanya dibandingkan orang yang akan mengalami migren. Perasaan ini kemungkinan seperti perubahan mood seperti lekas marah, murung, nafsu makan yang tiba tiba meningkat atau bahkan hilang, kecapean, terlalu sensitif pada cahaya, sentuhan, suara, dan bau.

–  Fase kedua: aura. Gangguan penglihatan karena perubahan aliran darah di otak. Aura biasanya berlangsung selama sekitar 20 sampai 40 menit.  Aura juga dapat mempengaruhi semua indera manusia, bukan hanya mata. Namun bisa juga terjadi pada indra peraba, penciuman, perasa, dan pendengaran.

  • seperti indera peraba misalnya mati rasa, seringkali di bagian wajah,
  • indra penciuman misalnya adanya bau tidak menyenangkan atau menyengat yang tidak nyata,
  • Indra perasa misalnya selera makan berubah,
  • indra pendengaran misalnya suara berdenging di telinga.
  • Bentuk lain dari face aura bisa juga seperti konsentrasi yang buruk, bicara tidak jelas dan melantur, kebingungan mental, lupa, kantuk, gangguan koordinasi dan keseimbangan, pusing, halusinasi  atau melihat atau mendengar hal-hal yang tidak ada, berkeringat, otot kejang.

–  Fase ketiga : Sakit kepala. Sakit kepala sering dimulai pada satu sisi (unilateral), dan dirasakan di dalam atau di belakang mata yang kemudian dapat menyebar sehingga melibatkan seluruh kepala. Kepala terasa berdenyut, yang memburuk dengan bergerak. Banyak orang juga mual dan muntah. Sejumlah sedikit orang mengalami diare atau sering buang air kecil. Selama fase ini penderita menjadi hipersensitif terhadap cahaya atau suara dan ingin berbaring di ruangan tenang yang gelap. Sakit kepala bisa berlangsung satu atau dua jam, namun dapat juga sepanjang hari atau sampai 3 hari (atau kadang-kadang lebih lama). Seringkali sakit kepala berhenti setelah tidur.

–  Fase keempat : mabuk. Fase ini bisa hanya berlangsung beberapa jam, sehari atau lebih, fase ini bisa juga dianggap sebagai tahap pemulihan. Penderita sering merasa lemah, lelah, tidak enak badan dan mungkin mengalami sakit kepala yang ringan.

Cara mengatasi migren

Jika kamu mengalami migren usahakan untuk tetap tenan dan sabar, dan jangan lakukan pekerjaan atau tindakan yang berat karena bisa berakibat fatal. Berikut ini beberapa cara mengatasi migren  yang disandur dari sinomi dan bumbata.

cara mengatasi migren
cara mengatasi migren
  • Kompres kepala  dengan air dingin sekitar 10 menit kemudian istirahatlah sekitar 20 menit, ulangi lagi jika perlu.
  • Jika mengalami muntah, perbanyaklah minum air putih
  • Lindungi mata dari cahaya
  • Minum obat penghilang rasa sakit
  • Akupunktur, Terapi akupunktur dapat meredakan migren dengan melepaskan penyumbatan energi dalam tubuh dan melancarkan kembali aliran darah, mengendurkan kembali pembuluh darah kecil yang menegang dan menjadi penyebab terjadinya migren.
  • Aromaterapi, telah diyakini bahwa aromaterapi dapat membantu meringankan migren. Tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi lavender pada handuk kecil dan gunakan sebagai kompres di kepala, ini dapat meredakan sakit kepala akibat migren.
  • minum jahe, Pada saat mendapatkan serangan migren, minumlah teh jahe hangat yang dibuat dari jahe segar. Minuman herbal teh jahe hangat ini dapat meringankan sakit kepala atau migren.

Itulah penjelasan mengenai apa itu pengertian migren, jenis dan gejalanya, serta cara bagimana mengatasi migren. semoga bisa menambah pengetahuan kesehatan kamu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *