Mengenal Manfaat sayuran organik

manfaat sayuran organik

Semakin hari, kesadaran masyarakat akan kesehatan menjadi semakin tinggi. Salah satunya adalah menerapkan pola makan yang sehat. Memang hal ini dikarenakan ketakutan masyarakat karena makanan yang buruk dapat membawa penyakit bagi tubuh. Salah satu tren makanan sehat saat ini adalah sayuran organik. Sayuran organik menjadi tren baru dalam dunia kesehatan khususnya menu makanan sehat. Manfaat sayuran organik ini banyak sekali bagi tubuh manusia.

manfaat sayuran organik

Membedakan sayuran organik dan non-organik

Banyak yang masih belum mengerti apa sebenarnya sayuran organik itu. Secara fisik, sayuran organik sama saja dengan sayuran non organik yang beredar di pasaran. Namun yang jelas sayuran organik memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Perbedaan sayuran organik dari sayuran non organik adalah diantaranya sebagai berikut:

  • Sayuran organik tidak menggunakan pupuk buatan

Petani pada umumnya menggunakan pupuk buatan seperti Urea, KCl dan lain-lain untuk membantu pertumbuhan tanaman ketika menanam sayuran. Namun khusus untuk sayuran organik, maka petani tidak menggunakan pupuk buatan atau kimia, melainkan menggunakan pupuk alam seperti pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan atau pupuk kompos.

  • Sayuran organik tidak menggunakan pestisida kimia

Sayuran organik dalam proses penanamannya tidak disemprot dengan pestisida yang dibuat dari bahan kimia berbahaya. Untuk menghindari hama dan penyakit, pertanian menggunakan sistem rotasi atau pergantian tanaman dalam satu area tertentu, menggunakan predator alami bagi hama atau menggunakan pestisida yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Manfaat sayuran organik bagi kesehatan

Saat ini memang tidak sulit menemukan sayuran organik karena sudah banyak yang membudidayakan. Namun harga sayuran ini kebanyakan lebih mahal daripada sayuran non organik. Oleh karena itu lebih banyak dijual di supermarket dan pasar modern lainnya. Manfaat sayuran organik ini antara lain:

  • Sayuran organik lebih enak, segar dan tidak cepat membusuk

Sayuran organik memiliki rasa yang lebih manis, renyah dan segar. Hal ini disebabkan karena sedikitnya kandungan air dalam sayuran itu. Kandungan air yang lebih sedikit ini pula yang menyebabkan sayuran organik lebih tahan lama.

  • Aman dari zat kimia berbahaya

Seperti yang dijelaskan diatas, sayuran organik tidak menggunakan bahan kimia dalam proses penanamannya. Oleh karena itu sayuran organik tidak mengandung residu pestisida atau pupuk kimia yang dapat membahayakan tubuh manusia dengan menyebabkan kanker.

  • Lebih bergizi dan sehat

Sayuran organik memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan sayuran non organik. Kandungan gizi itu antara lain mineral dan vitamin. Sayuran yang ditanam secara organik umumnya tumbuh lebih lama sehingga kandungan gizinya lebih tinggi.

Secara fisik memang tidak ada perbedaan diantara keduanya, apalagi ketika masih sama-sama segar. Namun ada satu cara yang praktis untuk membedakannya. Pilih sayuran yang tampak jelek atau daunnya tidak mulus. Perhatikan daun atau batang sayurannya. Jika ada yang berlubang bekas dimakan ulat atau serangga, maka sayuran tersebut aman untuk dikonsumsi. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *