Mengenal Manfaat daun singkong yang kaya gizi

manfaat daun singkong

Daun singkong

manfaat daun singkong

Semua orang pasti kenal dengan daun singkong. Meskipun kesannya adalah ndeso, namun daun singkong ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai sayuran atau lalapan teman nasi yang gurih dan enak. Daun singkong adalah jenis sayuran yang wajib ada pada semua warung atau restoran Padang. Jenis sayuran ini memang memiliki daun yang tebal dan rasa yang sedikit pahit, namun justru karena rasa khasnya ini daun singkong banyak dikonsumsi dan mempunyai nilai plus dalam kesehatan tubuh manusia.

Daun singkong kaya gizi

Kandungan gizi daun singkong sangat tinggi sekali. Daun singkong memiliki banyak nutrisi, diantaranya kalori, protein, fosfor, hidrat arang dan zat besi. Kandungan vitamin yang ada dalam daun singkong juga cukup banyak, yakni vitamin A, B1 dan vitamin C. Daun singkong juga mengandung tannin dan sejumlah fitofarmaka yang berfungsi cukup baik untuk menjaga daya tahan tubuh maupun mengatasi beberapa jenis penyakit.

Khasiat daun singkong banyak dikenal masyarakat untuk mengatasi dan menyembuhkan beberapa penyakit. Penyakit itu antara lain rematik, encok, diare, demam, sakit kepala, disentri, rabun senja, beri-beri dan cacingan. Daun singkong juga dikenal memiliki manfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sebagai penyebab kanker. Selain itu daun singkong dapat memancing dan meningkatkan nafsu makan sehingga membuat orang menjadi lebih sehat dan daya tahan tubuhnya menjadi optimal.

Daun singkong dan masyarakat Indonesia

Singkong adalah pohon yang mudah tumbuh di daerah tropis, terutama Indonesia. Dengan hanya menancapkan batangnya saja, singkong sudah tumbuh dan siap dipanen daunnya dalam beberapa minggu. Daun singkong memang merupakan makanan yang sering disajikan di rumah maupun restoran, terutama restoran Padang. Bahkan kebanyakan masyarakat di desa memakan daun singkong sebagai sayur yang dibumbui dengan aneka rempah-rempah yang lezat.

kandungan gizi daun singkong

Daun tanaman singkong juga mudah diperoleh dengan harga yang relatif murah. Khasiatnya dalam menjaga kesehatan dan harga yang murah ini yang sering menjadi pertimbangan agar daun tanaman ini menjadi menu harian bagi keluarga, selain karena rasanya enak dan yang memasak pintar mengkombinasikan rempah-rempah dan bumbu. Dalam proses memasak daun singkong ini tidak mudah, karena daun singkong adalah daun yang memiliki ketebalan yang lumayan sehingga tidak bisa langsung utuh.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasak daun singkong, biasanya harus direbus terlebih dahulu. Daun singkong harus dimasak dengan kematangan yang pas supaya kandungan gizinya tidak hilang namun juga tidak berasa pahit dan keras. Air yang digunakan untuk merebus daun singkong hendaknya cukup sedikit saja dan tidak dibuang karena mengandung zat-zat yang mungkin saja berguna namun larut dalam air saat proses pemanasan. Percuma kita makan daun singkong jika nutrisi yang ada di dalamnya telah hilang atau rusak. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *