Mengenal kanker Ginjal – Gejala dan Diagnosis

gejala diagnosa kanker ginjal

Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah suatu penyakit pada sistem ekskresi, yakni ginjal yang cukup berbahaya jika tidak ditangai dengan baik. Tumbuhnya suatu jaringan dalam ginjal yang tidak terkendali dapat membuat fungsi ginjal tidak normal. Kanker ginjal atau hipernefroma merupakan jenis kanker yang tumbuh pada bagian ginjal yang disebut sebagai tubulus renak proksimal. Sebanyak 80 persen kasus penyakit kanker ginjal ada pada orang dewasa. Oleh karena kanker ginjal dianggap berbahaya, maka kita perlu mengetahui gejala, diagnosis serta stadium kanker ginjal ini.  gejala diagnosa kanker ginjal

Gejala-gejala penyakit ginjal

Penyakit kanker ginjal ini memiliki gejala-gejala umum, yakni diantaranya sebagai berikut:

  1. Terdapat darah dalam urin. Ketika buang air kecil, maka urine akan berwarna merah dan seringkali terasa nyeri. Hal ini konstan terjadi, utamanya ketika pagi hari.
  2. Muncul rasa nyeri dan tidak nyaman di sekitar perut pada bagian organ ginjal. Rasa tidak nyaman dan nyeri ini sulit untuk dihilangkan.
  3. Timbul gumpalan padat pada salah satu sisi perut atau di keduanya.
  4. Berat badan menurun secara drastis dalam beberapa bulan terakhir.
  5. Seringkali badan terasa demam dan tidak nyaman, namun bukan berasal dari flu atau penyakit ringan, bahkan seperti sulit diketahui penyebabnya.
  6. Mudah lelah dan terasa kurang bersemangat dalam beraktivitas.

Tanda-tanda umum diatas hanyalah satu peringatan. Bukan berarti jika anda mengidap salah satu tanda diatas berarti anda sudah positif terkena kanker ginjal. Ada penyakit infeksi pencernaan, ada kista bagi perempuan dan sebab lain juga menimbulkan gejala yang hampir sama. Oleh karena itu perlu adanya diagnosis bagi penderita yang mengalami gejala tersebut untuk mengetahui dengan pasti apa penyakit yang dideritanya dengan gejala diatas.

Diagnosis penyakit kanker ginjal

Pihak praktisi medis (dokter atau rumah sakit) pada umumnya akan melakukan langkah-langkah berikut untuk mendiagnosis adanya penyakit kanker ginjal:

  1. Dilakukan pemeriksaan fisik, yakni merupakan tindakan awal terhadap kesehatan pasien. Caranya adalah dengan mengukur suhu tubuh, tekanan darah dan meraba bagian perut untuk mengetahui letak rasa nyeri yang diderita pasien.
  2. Dilakukan tes urin. Dokter akan melakukan tes pada urin pasien untuk mengetahui apakah kandungan urin tersebut cocok dengan profil penderita penyakit kanker ginjal atau tidak.
  3. Tes darah dilakukan juga untuk menentukan kondisi kesehatan ginjal karena tidak cukup dengan tes fisik dan tes urin saja. Tes darah ini sangat penting, jika dalam darah ditemukan senyawa creatinine, maka kemungkinan besar ginjal anda tidak bekerja baik.
  4. Intravenous pyelogram (IVP) akan dilakukan oleh dokter untuk mengetahui keberadaan tumor atau kanker di dalam ginjal. Dokter akan menyuntikkan zat warna (dye) pada vena pasien. Zat ini lantas akan berjalan dan mengumpul di ginjal. Zat warna ini akan terlihat ketika dilakukan sinar X. Foto rontgen selanjutnya akan dianalisis untuk mengetahui apakah ada keanehan dalam ginjal dan saluran kemih.
  5. CT Scan bisa digunakan untuk mengambil serentetan gambar yang detail mengenai struktur ginjal anda. Dengan gambar ini maka jika terjadi kanker akan mudah terdeteksi.
  6. Selain IVP dan CT Scan, tes juga dapat dilakukan dengan menggunakan Ultrasound atau USG. Gelombang ultrasonik akan ditembuskan ke ginjal. Jika ada anomali maka akan tampak.
  7. Biopsi merupakan langkah terakhir jika ketiga tes diatas dianggap kurang memuaskan. Caranya adalah dengan mengambil sejumlah sampel jaringan yang diduga mengalami kelainan lalu diamati dibawah mikroskop untk menentukan apakah jaringan tersebut normal atau bermasalah.

Demikian adalah gejala dan diagnosis kanker ginjal yang dapat membantu anda mengenali penyakit kanker ginjal serta mengerti bagaimana proses diagnosis penyakit kanker ginjal. Mengenai stadium dan pengobatan penyakit kanker ginjal akan kami bahas dalam artikel selanjutnya. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *