Mengenal Fungsi Jantung Manusia

bagian bagian jantung

Fungsi Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Bahkan pentingnya jantung bisa digunakan sebagai patokan apakah orang sudah meninggal atau belum dari denyut jantungnya. Seorang yang terbaring tidak bergerak belum dinyatakan mati saat jantungnya masih berdetak. Ia hanya disebut koma karena fungsi otaknya tidak berjalan. Jantung sendiri adalah sebuah organ berongga yang terbuat dari otot yang berfungsi untuk memompa darah melalui pembuluh darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi dengan irama yang berulang.

bagian bagian jantung
Foto bagian jantung manusia

Fungsi jantung memompa darah untuk mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh. Ukuran jantung adalah satu kapalan tangan. Ukuran jantung pada tiap orang berbeda, bergantung besar tubuh orang dan usia orang tersebut. jantung terdiri dari lapisan endothelium yang merupakan satu otot tunggal. Letak jantung ada di balik tulang dada sebelah kiri dan memiliki truktur yang membelok ke bawah dan sedikit ke kiri. Jantung sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh lapisan perikardium yang tertempel pada diafragma. Lapisan pertama perikardium melekat kuat pada jantung sedangkan lapisan luarnya longgar dan berair untuk menjaga terhadap gesekan dengan organ lain dalam tubuh akibat gerakan konstan yang ditimbulkannya dalam memompa darah atau kemungkinan tekanan dari luar.

fungsi jantung
fungsi jantung

Pembuluh darah yang berada dalam jantung yang disebut kardiovaskuler sangat merata tersebar di seluruh otot jantung, terutama pada dasar dan samping. Pada lapisan luar jantung ada dua garis pembelah yang menunjukkan dinding pemisah antara serambi dan bilik jantung. Otot dinding bilik jantung lebih tebal dibandingkan serambi karena otot bilik arus memompa darah ke atas sehingga memerlukan gaya yang besar. Memompa ke atas tentu saja melawan gravitasi, sehingga lebih berat. Pada saluran keluar bilik, ada pembuluh darah yang disebut Aorta, merupakan Arteri terbesar dalam tubuh manusia. Dari aorta inilah darah kemudian mengalir keatas, ke samping kanan dan ke samping kiri lewat percabangan yang ada pad aorta. Sedangkan darah yang kurang baik kembali ke jantung melalui vena yang berdekatan dengan aorta.

Pada sekat antara serambi dan bilik, ada masing-masing sebuah katup. Katup ini berfungsi untuk menjaga supaya darah yang telah dipompa dari satu tempat ke tempat lain tidak kembali lagi yang menyebabkan tercampurnya darah yang bersih kaya oksigen dengan darah yang kotor kaya akan karbondioksida. Katup pada bagian kanan adalah katup trikuspidalis atau katup berdaun tiga, sedangkan pada bagian kiri disebut sebagai katup mitralis atau katup bikuspidalis atau katup berdaun dua. Penyakit pada jantung juga dapat disebabkan katup yang gagal berfungsi. Namun pada umumnya penyakit katup jantung diderita seseorang karena cacat bawaan lahir, bukan disebabkan oleh hal-hal yang lain.

Semoga penjelasan mengenai fungsi jantung di atas bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kamu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *