Mengenal gula merah dan manfaatnya bagi kesehatan

manfaat gula merah

manfaat gula merah

Gula merah adalah gula yang berwarna kekuningan atau kecoklatan. Gula ini terbuat dari cairan nira atau legen yang dikumpulkan dari pohon kelapa, aren, lontar atau tebu. Cairan yang dikumpulkan direbus secara perlahan sehingga mengental lalu dicetak dan didinginkan. Setelah dingin maka gula merah siap dikonsumsi atau dijual kepada orang lain. Semua orang di Indonesia tentu saja sangat familiar dengan gula merah karena umumnya gula ini selalu ada dalam kehidupan masyarakat kita. Gula ini sering disebut gula jawa atau palm sugar. Gula ini memiliki banyak sekali varian bergantung pada jenis bahan dasar yang digunakan. Meskipun sama-sama nira atau legen, namun bisa berasal dari pohon yang berbeda-beda. Kualitas gula yang dihasilkan serta rasanya berbeda antara satu pohon dengan pohon lainnya.

Namun banyak orang salah mengerti tentang gula merah. Manisnya gula merah seringkali dianggap tidak baik bagi kesehatan, namun ternyata ini salah. Gula merah yang dikonsumsi dengan jumlah yang benar bisa meningkatkan vitalitas dan kesehatan tubuh kita.Hal ini menandakan bahwa kita tidak perlu ragu dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang menggunakan gula merah sebagai salah satu bahan dasarnya. Rasanya yang manis dan gurih dapat meningkatkan selera makan, bahkan ternyata lebih sehat berkat nutrisi yang dikandungnya. Selain itu nutrisi yang dikandung gula merah juga dapat menghaluskan dan menyehatkan kulit.

Kandungan dalam Gula Merah

Tambahan gula merah pada makanan dan minuman tidak hanya membuatnya menjadi lezat, namun juga sehat. Setiap seratus gram gula merah yang mengandung 4 mg zat besi, 90 mg kalsium dan karoten serta laktoflavin. Kandungan gula pada gula merah lebih rendah jika dibandingkan dengan gula pasir sehingga sangat baik untuk pendeirta diabetes atau bagi mereka yang ingin menurunkan kadar lemak tak jenuh di dalam tubuhnya. Selain itu tidak ditemukan kolesterol di dalam gula merah. Nutrisi mikro yang lain adalah thiamine, nicotinic acid, riboflavin, niacin, ascorbatic acid, vitamin C, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, asam folat, protein kasar dan juga garam mineral.

gambar gula merah

Manfaat gula merah bagi tubuh manusia

Menurut ahli pengobatan dari negeri China, gula merah atau gula jawa dipercaya memiliki berbagai khasiat dalam kesehatan. Mereka menjelaskan bahwa gula jawa memiliki sifat hangat dan memiliki rasa manis alami. Di dalamnya terkandung unsur yang bersifat menguatkan limpa, menambah darah, meredakan nyeri, memperlancar peredaran darah dan menghangatkan lambung. Gula merah sangat baik bagi kaun lanjut usia yang mengalami serapan mikronutrien dan multivitamin yang rendah. Gula merah juga dapat memberikan manfaat positif kepada wanita yang baru melahirkan atau memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun pada dasarnya gula merah dapat dikonsumsi oleh semua orang. Konsumsi gula merah ini dengan takaran yang pas dapat membantu anda menjaga kesehatan dan kondisi prima tubuh anda. (iwan)

Facebook Comments

2 comments

  1. welehweleh

    gula2 (permen:jw) ada tidak yang terbuat dari gula merah?

  2. Carlo

    haduh, saya terlanjur kulakan gula putih 300kg kemarin, tau gitu besok2 ganti jualan gula merah aja lah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *