Mengenal Definisi Penyakit Angin Duduk dan Penyebabnya

admin June 26, 2012 2


Sering kita mendengar bahwa seseorang meninggal tiba-tiba karena angin duduk. Orang tersebut pada mulanya baik-baik saja, lalu mengeluh sakit dengan gejala yang sama dengan masuk angin yaitu mual, pusing, berkeringat dingin namun ditambah dengan nyeri di dada sebelah kiri. Tidak lama setelah mengeluh sakit, si penderita meninggal dalam kondisi duduk. Itulah kenapa dinamakan sebagai angin duduk. Namun apakah sebenarnya angin duduk itu? Kenapa penyakit ini tampak begitu mengerikan?
penyakit angin duduk pengertian
Ternyata yang disebut angin duduk oleh masyarakat itu bukanlah penyakit yang sama dengan masuk angin biasa. Secara medis, angin duduk benar-benar berbeda dengan masuk angin. Ternyata angin duduk itu adalah penyakit medis bernama angine pectoris yang merupakan salah satu penyakit jantung. Jantung ada di dada sebelah kiri anda, itulah kenapa nyeri penyakit angin duduk ada disitu. Rasa nyeri dapat berlangsung kurang lebih 5 hingga 10 menit dan rasanya seperti ditekan. Penyakit ini terjadi akibat kurangnya aliran darah ke jantung yang mengakibatkan jantung mengalami malnutrisi.

Secara umum, jantung dapat mengalami kegagalan fungsi karena kurangnya oksigen. Umumnya hal tersebut disebabkan karena dua hal. Yang pertama adalah penyempitan pembuluh jantung atau arteri koroner yang menyebabkan suplai darah menjadi berkurang ke sel-sel jantung. Yang kedua adalah lonjakan pemakaian oksigen yang besar pada jantung akibat aktivitas yang berlebihan secara tiba-tiba. Aktivitas itu antara lain saat anda berolahraga tanpa pemanasan, mendaki gunung dan berada di iklim yang tiba-tiba dingin, atau memelihara perasaan stress.
penyebab sakit angin duduk

Cara mencegah penyakit angin duduk

Umumnya angina ringan ditandai dengan tekanan di dada, sesak nafas atau tersenggal dan kelelahan. Jika mengalami nyeri pada jantung, jangan menunda untuk mengunjungi dokter. Deteksi dini terhadap penyakit jantung dapat mengurangi resiko serangan jantung di kemudian hari. Walaupun tidak ada jaminan seratus persen penyakit jantung dapat dihindari, setidaknya perawatan akan mengurangi resiko serangan jantung dalam waktu dekat. Selain itu untuk menghindari penyakit seperti ini, anda dapat melakukan pencegahan dengan memperhatikan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol. Ketiga hal tersebut dapat mengganggu kinerja jantung, membuatnya bekerja semakin berat dan tidak normal.

periksa ke dokter mencegah angin duduk

Selain pemeriksaan kesehatan rutin, untuk mencegah angina anda diharuskan memiliki pola hidup yang sehat. Merokok, tidak pernah berolahraga, makanan kolesterol tinggi, obesitas dan stress adalah suatu hal yang wajib dihindari. Angina merupakan suatu pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan jantung anda dan kita diharuskan mengubah kebiasaan hidup kita menjadi lebih sehat. Olahraga teratur dengan intensitas ringan hingga sedang dan menghindari stress adalah hal terbaik dan termurah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung khususnya dan penyakit lainnya pada umumnya.

 

2 Comments »

  1. esterini September 9, 2012 at 9:31 am -

    trims buat info nya ya

  2. tiyangatmojo September 7, 2012 at 7:40 pm -

    informasinya sangat bermanfaat sekali terima kasih

Leave A Response »