Mengenal dan mengetahui cara mengobati sesak nafas

sesak nafas

Pengertian atau Definisi Sesak Nafas

sesak nafas

Untuk anda yang memiliki aktivitas sangat padat dan sibuk sekali, apakah pernah mengalami gangguan pernafasan atau sesak nafas? Tentu saja ini adalah situasi sulit yang menghambat pekerjaan. Sesak nafas ini biasanya muncul secara mendadak karena faktor lingkungan yang kurang mendukung, terutama polusi udara. Sesak nafas adalah situasi yang dialami oleh seseorang dimana ia kesulitan untuk bernafas yang ditimbulkan oleh gangguan pada sistem pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru atau gangguan dari luar seperti polusi dan kelelahan. Sesak nafas disebut sebagai dyspnea dalam bahasa kedokteran yang umumnya muncul secara mendadak dan membutuhkan penanganan dari dokter ahli. Perasaan sesak yang ditimbulkan adalah akibat dari rangsangan dari saraf dari otak yang berakhir di paru-paru, otot dada dan diafragma ditambah dengan sugesti penderita.

Cara mengatasi sesak nafas

Penyakit sesak nafas dibagi menjadi dua, yakni sesak nafas akut dan sesak nafas kronis. Sesak nafas akut ditandai dengan gejala awal yang mendadak yang biasanya disebabkan oleh penyakit pernafasan, trauma dada dan penyakit jantung. Sedangkan sesak nafas kronis adalah sesak nafas yang sudah diprediksi sebelum, umumnya disebabkan oleh asma dan tumor paru-paru. Namun umumnya sesak nafas disebabkan oleh faktor kondisi lingkungan yang kurang bersahabat. Seperti misalnya berada di daerah pegunungan dan memiliki sensitivitas terhadap udara dingin. Sesak nafas juga seringkali diturunkan dari orang tua ke anak, dalam kasus ini penyakit asma. Namun sesak nafas ini akan teratasi dengan sendirinya dan tidak akan membuat penderita menjadi lebih parah.

cara mengatasi sesak nafas

Untuk anda yang pernah mengalami sesak nafas, ada baiknya anda mengikuti latihan pernafasan yang dapat mengurangi dan bahkan menghilangkan gangguan sesak nafas tersebut. Lakukan latihan pernafasan perut selama 10 menit setiap hari, baiknya dilakukan saat bangun tidur. Caranya adalah dengan membaringkan tubuh dengan nyaman, letakkan bantal dibawah kepala. Setelah itu tekuk lutut anda dan regangkan otot perut. Lalu tangan kanan diletakkan diatas perut dan tangan kiri diatas dada. Tekan perut anda perlahan, tidak terlalu keras, tidak terlalu lembut lalu mulailah bernafas lewat hidung menggunakan otot perut. Hentikan sementara jika anda lelah meskipun belum sampai 10 menit. Pada awalnya memang akan sulit dan cepat capek, namun jika anda rutin melakukannya maka anda akan terbiasa.

Sesak nafas juga dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi gula putih, susu, nasi dan permen. Ini bukan sebuah larangan, hanya himbauan untuk mengurangi jumlah yang anda konsumsi. Sesak nafas yang didapat karena terlalu banyak orang dalam satu ruangan dapat diatasi dengan segera meninggalkan ruangan tersebut untuk mencari oksigen. Jika siang hari berada di tempat yang teduh karena pepohonan hijau lebih baik karena selain mendapatkan oksigen, juga membuat tubuh dan pikiran anda rileks kembali. Sesak nafas yang disebabkan oleh udara dingin dapat diatasi dengan membuat makanan dan minuman hangat, baiknya yang mengandung jahe dan kayu manis. Kedua bumbu diatas juga efektif untuk mengatasi sesak nafas akibat flu. Dan yang terakhir adalah tips pamungkas dari setiap perawatan kesehatan: olahraga secara teratur dapat mencegah, mengurangi atau bahkan menghilangkan kemungkinan sesak nafas. (iwan)

Facebook Comments

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *