Mengenal buah pear dan manfaat kesehatannya

admin August 8, 2012 Comments Off


manfaat buah pear

Buah pear adalah buah yang masih dalam keluarga buah apel. Buah ini sebenarnya bukan buah asli Indonesia karena habitatnya ada di daerah subtropis, sehingga sering dikategorikan sebagai buah impor. Buah ini adalah memiliki kelebihan daripada buah apel, antara lain kandungan seratnya lebih tinggi sehingga lebih baik daripada buah apel. Serat yang dimiliki oleh apel adalah sebanyak tiga gram, sementara kandungan serat buah pear adalah enam gram. Buah ini banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki cita rasa yang khas dan menyegarkan. Buah pear merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukain oleh masyarakat. Hal ini karena buah dengan kulit kekuningan ini, memiliki cita rasa khas dan menyegarkan.

Selain itu, banyak manfaat buah pear yang sangat baik bagi kesehatan manusia, sehingga dengan mengkonsumsi buah tersebut bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Dalam sebuah apel, kandungan serat yang dimilikinya hanyalah sebanyak tiga gram saja. Sementara kandungan serat yang ada pada sebuah pear adalah sebanyak enam gram. Dengan demikian, dalam satu buah pear terkandung 20 persen asupan serat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi manusia setiap hari. Dalam buah pear tidak ditemukan lemak, kolesterol ataupun sodium. Buah pear juga buah yang kaya vitamin C, K dan Kronium. Mengkonsumsi rutin setiap hari dapat manfaat yang besar jika buah pear dikonsumsi setiap hari.

Buah pear dikenal sebagai buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Dalam satu buah pear hanya terdapat kandungan kalori sekitar 100 gram per buah. Hal ini membuat buah pear bisa dikonsumsi oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes dan hipoglisemik. Gula yang berasal dari makanan dengan kadar indeks glikemik rendah akan diserap secara perlahan oleh tubuh manusia. Hal ini menyebabkan level gula darah tetap stabil. Buah pear juga mengandung pektin, sebuah serat diet yang gampang larut dan dapat menurunkan kolesterol dan meregulasi gerakan usus besar sehingga meningkatkan metabolisme tubuh. Itulah kenapa buah pear sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah konstipasi atau sembelit.

Manfaat buah pear yang paling besar ada pada kulit. Oleh karena itu dalam mengkonsumsi buah ini, disarankan untuk tidak mengupas kulitnya. Kulit buah pear mengandung sebagian besar serat yang ada di buah pear. Selain itu bagian kulit jug amengandung quercetin, sebuah zat antioksidan dan flavanoid yang bermanfaat untuk mencegah radang. Jumlahnya memang tidak sebanyak buah apel dan bawang bombai, namun zat ini merupakan nutrien yang biak pada buah pear. Yang paling penting pada buah pear adalah kandungan folat yang berkhasiat sebagai zat yang mencegah cacat saraf pada bayi. Itulah kenapa buah pear dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah pear aman dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada ibu hamil, karena memiliki kandungan hipoalergenik. Masih ragu mengkonsumsi buah pear? (iwan)

 

Comments are closed.