Mengenal bedak wanita – Jenis pembuatan dan bahannya

Mengenal bedak wanita - Jenis pembuatan dan bahannya

Bagi sebagian besar wanita, kosmetik sudah merupakan kebutuhan primer yang tidak dapat diganggu gugat. Kepercayaan diri seorang wanita bisa jadi turun drastis tanpa adanya benda-benda pemercantik diri ini. Ada satu kosmetik dasar yang sangat dibutuhkan oleh wanita, yakni bedak.  Mengenal bedak wanita - Jenis pembuatan dan bahannya

Jenis-jenis bedak wanita

Benda berbentuk serbuk halus ini memiliki dua penampakan, yakni serbuk halus tabur dan serbuk halus padat. Maka dari itu, bedak dapat dikategorikan seperti dibawah ini.

  • Compact powder (serbuk halus dipadatkan)

Bedak berjenis compact powder adalah berupa serbuk halus yang dipadatkan. Tujuan pemadatan ini adalah supaya praktis dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil. Selain itu juga menghindari tumpah dan tertiup angin ketika digunakan diluar ruangan. Selain itu, dengan serbuk yang dipadatkan maka wanita dapat merias wajahnya yang kusam atau mengkilat dimana saja dan kapan saja. Saat ini, bedak compact powder juga mengandung pelembab dan alas beda. Maka dengan hanya memakai bedak ini wanita dapat menghemat waktu.

  • Loose powder (serbuk halus tabur)

Bedak dengan sistem loose powder adalah bedak halus yang dibiarkan begitu saja, tanpa dipadatkan. Bedak jenis ini memang bukan bedak yang didesain untuk dibawa kemana-mana karena ukurannya yang besar. Serbuk halusnya bersifat ringan sehingga jika dipakai akan membuat wajah tampak alami. Bedak ini digunakan untuk keperluan khusus yang membutuhkan banyak waktu dalam persiapannya, seperti riasan untuk pesta. Sebelum penggunaan bedak ini, maka wajah harus diberi pelembab dan alas bedak terlebih dahulu. Hal ini supaya bedak ini tahan lama dan wajah tidak mengkilat karena bedak ini tidak mengandung pelembab dan alas bedak seperti compact powder.

Bahan-bahan pembuatan bedak wanita

Bedak wanita terbuat dari berbagai macam zat, dimana zat yang dipakai memang sudah seharusnya tidak melibatkan zat berbahaya. Hal ini dikarenakan bedak digunakan pada wajah sehingga bahannya harus tidak beracun, tidak berbahaya dan tidak menimbulkan alergi. Maka dari itu bahan-bahan yang digunakan dalam bedak harus terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM sebagai bahan yang tidak berbahaya. Bahan utama pada bedak adalah talk.Serbuk halus ini terbuat dari magnesium silikat hidrous yang juga mengandung sedikit aluminium silikat. Kedua bahan ini merupakan mineral yang diperoleh dari penambangan batuan talk dan telah melalui proses yang panjang. Bahan diatas hanya bahan dasar, masih ada bahan tambahan lainnya, yakni titanium oksida dan seng oksida sebagai tabir surya, magnesium stearat dan besi oksida sebagai pewarna, minyak jojoba, vitamin E dan minyak esensial, bismuth oksiklorida dan lain sebagainya.

Demikian adalah penjelasan singkat kami mengenai bedak wanita. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang kosmetik wanita. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *