Mengenal apa itu jerawat – Pengertian – Penyebab – Jenis-Jenisnya

pengertian jerawat penyebab dan jenisnya

Pengertian Jerawat

Banyak orang yang menderita karena jerawat, apalagi wanita, ada yang sampai tidak berani keluar rumah karena di wajahnya timbul jerawat. Ini bukan pemberitaan yang berlebihan, namun memang begitu adanya wanita di sekitar kita. Hampir semua orang mengetahui fisik jerawat, namun belum tentu tahu apa sebenarnya jerawat itu. Jerawat adalah suatu penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan pada pori-pori. Peradangan ini disebabkan adanya kotoran yang menyumbat saluran minyak dan kemudian menguncang bakteri yang menyebabkan infeksi. Bentuk jerawat pada umumnya seperti bisul kecil yang ukurannya bisa sangat berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Jerawat tentu saja sangat mengganggu penampilan seseorang, apalagi jika jerawat tersebut masih baru pasti akan terasa perih.

pengertian jerawat penyebab dan jenisnya

Penyebab timbulnya jerawat

Penyebab terjadinya jerawat adalah adanya debu atau kosmetik yang tidak dibersihkan secara baik dan benar. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit juga dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Wajah yang terlalu sensitif, terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dan jarang membersihkan wajah juga dapat menimbulkan jerawat. Selain itu jerawat juga timbul karena hormon yang tidak stabil. Ini pada umumnya dialami oleh remaja yang sedang dalam masa pubertas. Oleh karena itu para remaja harus lebih sering membersihkan wajah dan melakukan perawatan wajah dengan baik dan benar supaya tidak terserang jerawat.

Jenis-jenis jerawat

Ada beberapa jenis jerawat, yakni antara lain sebagai berikut:

  1. Jerawat nasi

Jerawat nasi adalah jerawat yang ukurannya kecil dan sering disebut sebagai komedo. Komedo merupakan cikal bakal dari jerawat. Komedo banyak dijumpai di daerah hidung dan pipi karena daerah tersebut merupakan daerah yang mengandung minyak paling banyak. Seringkali juga jerawat kecil ini tumbuh di dahi. Pengidap jerawat ini pada umumnya adalah remaja yang malas dalam merawat kebersihan kulit wajahnya. Pada wanita, poni rambut yang kotor dapat memicu jerawat pada dahi. Umumnya jerawat ini tidak sakit namun sangat mengganggu penampilan.

  1. Jerawat batu

Jerawat batu adalah jerawat yang ukurannya besar dan sangat lama sembuh. Jerawat ini sangat mengganggu karena jika sudah besar akan muncul nanah di puncak jerawat. Jerawat batu ini muncul di kulit wajah dan dapat menyebabkan bopeng di wajah. Inilah yang paling ditakutkan semua orang, terutama wanita. Dampak setelah mendapatkan jerawat ini dapat mengurangi kepercayaan diri mereka. Banyak obat yang beredar di pasaran dengan berbagai mereka dagang yang bisa anda beli. Obat tersebut diklaim dapat menyembuhkan jerawat. Namun resikonya jika tidak cocok justru akan membuat jerawat tambah parah saja.

Cara mengatasi jerawat

Cara yang terbaik untuk mengatasi jerawat adalah dengan melakukan facial wajah. Facial pada umumnya dilakukan selama dua bulan sekali. Namun facial ini rasanya sakit, namun hanya ini cara untuk menghilangkan jerawat pada wajah tanpa meninggalkan bekas luka pada wajah. Namun jika anda tidak ingin kesakitan karena facial, anda dapat melakukan perawatan dengan mengompres jerawat menggunakan mentimun yang sudah diiris tipis. Mentimun yang dingin dikompreskan setiap malam supaya radang pada jerawat dapat segera sembuh dan menghilang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *