Cara Mengatasi rasa gatal di selangkangan

admin December 12, 2012 2


Satu bagian tubuh yang tidak anda inginkan untuk diserang gatal tentu saja adalah selangkangan. Daerah yang dekat area kemaluan ini cukup sensitif terhadap kelembaban, jamur dan bakteri. Gatal di selangkangan membuat dilema bagi kita. Digaruk hina, tidak digaruk menderita. Apalagi jika sedang ada pertemuan atau kencan dengan pasangan. Pada banyak kondisi, gatal itu normal akibat iritasi kulit terhadap suatu hal yang ada diatasnya. Namun pada  kondisi tertentu rasa gatal dapat merupakan peringatan dari tubuh kita mengenai adanya penyakit dalam tubuh.

cara mengatasi selakangan gatal

Penyebab Gatal di selakangan

Umumnya rasa gatal diakibatkan oleh alergi kulit karena pengaruh suhu, kelembaban, debu dan bahan yang menyebabkan alergi lainnya. Sesungguhnya gatal alergi ini tidak serius dan akan hilang dengan sendirinya. Namun gatal ini dapat menjadi serius jika penanganannya tidak tepat. Gatal juga dapat diakibatkan oleh virus, jamur atau bakteri. Gatal yang disebabkan oleh mikroorganisme ini tentu bukan hal yang sepele. Penyebab makhluk kecil ini ada di selakangan anda tentu saja bisa bermacam-macam, mulai dari sekedar keringat, perilaku kelamin yang tidak sehat dan faktor makanan yang tidak higienis.  Lipatan kulit adalah bagian yang mudah lembab dan jika setengah tertutup akan dapat menghambat sirkulasi udara yang sekaligus menjadikan daerah tersebut daerah yang nyaman bagi mikroorganisme berkembang biak.

Cara mengatasi gatal di selakangan

Gatal di selangkangan yang menjadi masalah dan mengganggu aktivitas serta menurunkan kepercayaan diri. Gatal yang diakibatkan oleh infeksi jamur umumnya bisa terlihat seperti bekas terbakar. Cara terbaik adalah dengan mengoleskan salep anti jamur pada area yang bermasalah. Jangan selalu menggaruk bagian selangkangan yang gatal, karena jamur akan semakin menyebar. Selain itu kuku yang digunakan untuk menggaruk tentu saja tidaklah bersih dan menampung banyak kotoran. Lebih baik anda untuk berkonsultasi kepada dokter kulit dan kelamin jika terjadi ruam pada area yang gatal di selangkangan.

Cara mencegah gatal di selangkangan adalah dengan mengganti celana dalam minimal 2x sehari supaya keringat dan kotoran tidak menumpuk. Pilih celana dalam yang tidak terlalu ketat untuk memudahkan sirkulasi udara. Pilih juga celana dalam yang berbahan dari katun yang mudah menyerap keringan dan memiliki pori-pori yang besar. Celana dalam yang direkomendasikan adalah celana pendek atau boxer, bukan celana dalam yang berbentuk segitiga. Selain sirkulasi udaranya lebih baik, celana pendek dapat mengurangi resiko pematangan sperma secara prematur. Keringkan daerah selangkangan dan alat vital sebelum memakai celana dalam setelah mandi dan buang air. Hal ini akan mengurangi kelembaban dan resiko tumbuhnya jamur.

Gatal yang disebabkan oleh penyakit tentu saja harus dibawa ke dokter. Apalagi jika itu adalah penyakit kelamin menular. Pencegahannya tentu tidak lain adalah dengan tidak berhubungan kelamin dengan pasangan yang tidak dikenal dengan baik dan tidak sah. Demikian artikel tentang gatal-gatal di selangkan ini sehingga dapat memberikan pencerahan bagi anda semua. (iwan)

 

2 Comments »

  1. admin February 16, 2013 at 11:57 am -

    @anwa : ada kemunkinan faktor dalam tubuh mas.. coba konsultasikan ke dokter..

  2. anwar February 15, 2013 at 9:21 pm -

    gini loh kan udah di kasih salep , itukan sudah sembuh tp pas salep y habis jamur ya tumbuh lagi, kenapa

Leave A Response »