Mengapa duduk terlalu lama berbahaya bagi kesehatan? ini alasannya

Apa kamu pernah mendengar bahwa duduk terlalu lama itu tidak baik bagi kesehatan? ya, memang benar bahwa duduk terlalu lama itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Mengapa bisa begitu? Apa sebabnya?

duduk terlalu lama berbahaya bagi kesehatan ini alasan
duduk terlalu lama

Berikut ini beberapa alasan mengapa duduk terlalu lama dapat berbahaya bagi kesehatan kita.

  • Duduk terlalu lama menyebabkan penurunan enzim lipase lipoprotein. Enzim ini berperan untuk mengambil lemak dari darah dan mengubahnya menjadi energi.
  • Duduk terlalu lama bisa menjadi aktiftitas buruk bagi mereka yang sedang melakukan diet.
  • Seorang pakar olahraga yaitu Len Kravitz, Ph.D, mengatakan bahwa, “Aktivitas tidak banyak bergerak ini membuat kadar trigliserida dalam tubuh turut melonjak. “Hal ini juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol baik,” Hal itu bisa dicegah dengan melakukan olahraga.
  • Elin Ekblom-Bak dari Swedish School of Sport dan Health Sciences mengatakan, berpendapat; setelah duduk terus-menerus selama empat jam, biasanya tubuh akan mengirimkan sinyal yang berbahaya.
  • Di Kanada telah dilakukan sebuah penelitian yang melihatkan sebanyak 17 ribu responden yang berusia sekitar 12 tahun. Penelitian itu menyimpulkan bahwa kebiasaan duduk lama dapat berdampak pada kematian. Baik seseorang rajin olahraga atau tidak, berdasarkan penelitian tersebut, seseorang yang duduk terlalu lama mempunyai resiko kematian yang lebih tinggi.

Jadi bagi kamu yang membutuhkan banyak duduk dalam melakukan pekerjaan, waspadalah. Jangan duduk terlalu lama, cobalah untuk sesekali berdiri, atau berpindah tempat duduk. Agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga dengan baik. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *