Memberi Odol Pasta Gigi pada Luka Bakar Tidakan Yang Salah

Memberi Odol Pasta Gigi pada Luka Bakar Tidakan Yang Salah
Memberikan pasta gigi atau odol pada luka bakar merupakan tidakan yang salah, dan tidak dianjurkan. Jika kamu juga salah satu yang sering melakukan tindakan di atas, lebih baik hentikan. Meskipun luka bakarnya pada level yang ringan, tetap tidak sarankan untuk memberikan odol atau pasta gigi pada luka bakar tersebut.

Seorang ediatrician Brawijaya Hospital & Brawijaya Clinic yaitu Dr Johnny Nurman Sp. A menyarakan agar tidak menempeli luka bakar dengan apapun karena bisa membuat lengket. Menurut dr Johnny, seperti yang dilaporkan tribunnews, tindakan yang seharusnya dilakukan pada luka bakar adalah menyiramnya dengan air keran untuk mendinginkan proses luka panas, sehingga proses panas pada luka tidak berjalan.

Ketika menderita luka bakar pada tingkat kedua, kulit akan membengkak berisi air. Penderita tidak disarankan untuk memecahnya sendiri. Karena pada umumnya luka akan pecah sendiri dalam dua minggu.  Seperti yang dikatakan oleh dr Johnny ““Biasanya dalam 21 hari akan pecah dengan sendirinya. Kalau melepuh jangan dipecahkan, biar pecah sendiri,”

Itulah sedikit penjelasan mengenai tidakan yang tidak dianjurkan pada luka bakar. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu.

Baca juga artikel Resiko Menggunakan Daun Sirih untuk Mata

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *