Manisnya Manfaat Kayu Manis

manfaat kayu manis

Kayu manis adalah suatu jenis bahan pangan yang memiliki aroma harum dan rasa manis yang khas. Inilah mengapa kayu manis digunakan sebagai bahan penyedap untuk kue dan juga bahan minuman. Namun selain manis dan harum, kayu manis ini juga bermanfaat untuk mengatasi keluhan kesehatan pada tubuh manusia lho. manfaat kayu manis

Kayu manis secara internasional disebut sebagai Cinnamon dalam bahasa Yunani yang berarti kayu yang manis. Banyak tumbuh di pulau Jawa, tanaman ini termasuk famili Laureceae. Memiliki tinggi maksimal sembilan meter dan kulit kayu berwarna abu-abu licin. Bagian yang dimanfaatkan dari kayu manis adalah kayu bagian dalam yang beraroma harum dan berwarna lebih gelap dari kayu bagian luar. Kayu bagian dalam itulah yang kemudian diproses dengan dijemur pada sinar matahari sehingga menjadi gulungan dengan ukuran rata-rata lima sentimeter atau ditumbuk menjadi bubuk yang tahan lebih lama untuk disimpan.

Pada resep-resep minuman masyarakat Jawa, kayu manis sepertinya tidak pernah absen. Selain menyukai rasa manis, masyarakat Jawa juga menyukai sesuatu yang harum. Cara penyajian kayu manis untuk minuman dan makanan seringnya sebagai berikut:

  • Digunakan sebagai pengaduk pada minuman hangat atau panas seperti segala macam jenis wedang, susu, cokelat ataupun minuman sereal. Kayu manis akan memberikan sedikit rasa manis dan juga akan menguatkan aroma harum dalam miniuman tersebut. Selain itu juga digunakan sebagai pemercantik sajian minuman tersebut.
  • Kayu manis bubuk dapat diseduh dengan teh dan menguatkan aroma teh yang sudah harum serta memberikan sedikit rasa manis diantara rasa teh yang pahit sehingga lebih sedap. Khasiat teh akan berlipat ganda jika ditambahkan kayu manis dalam penyeduhannya.
  • Potongan kecil kayu manis dapat digunakan untuk menghias kue, namun jangan terlalu besar karena nanti rasanya akan kurang enak. Penyajiannya juga jangan terlalu banyak karena ini hanya hiasan dan juga penambah aroma kue saja.
  • Digunakan sebagai bumbu pada beberapa jenis masakan seperti nasi uduk, pasta dan lain-lainnya. Kayu manis akan memberikan rasa dan aroma yang khas dan sulit untuk dicari gantinya.

Kayu manis bermanfaat sebagai penguat rasa dan pengharum pada olahan makanan dan minuman, selain itu cinnamon atau kayu manis juga berkhasiat untuk meredakan masalah kesehatan antara lain untuk menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol, mengurangi nyeri otot, mengurangi masalah sendi, memperbaiki masalah gusi, mengatasi radang tenggorokan, meredakan panas dalam dan sariawan serta menghilangkan masalah bau mulut.

Saran penyajian untuk pengobatan tersebut bisa didapat dengan meminum rebusan parutan kayu manis tanpa dicampur dengan makanan atau minuman. Untuk radang tenggorokan, sariawan dan bau mulut bisa diatasi dengan berkumur air rebusan kayu manis dengan perbandingan setengah sendok teh kayu manis dan satu gelas air. Kayu manis bubuk dapat disimpan selama enam bulan sedangkan kayu manis batangan tidak lebih lama daripada itu. Keduanya harus disimpan pada tempat yang kering, sejuk dan gelap. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *