manfaat tumbuhan kumis kucing untuk mengobati penyakit

admin July 8, 2009 2



Kumis Kucing adalah salah satu jenis tumbuhan  berbatang basah, batang pohon kumis kucing berbentuk segi empat, dan sangat mudah untuk dipatahkan, kumis kucing dapat mencapai ketinggian sekitar satu setengah meter, daun kumis kucing berbentuk bulat telur, sedangkan bunganya berwarna putih mirip dengan kumis kucing, maka dari itulah tumbuhan ini disebut dengan kumis kucing.

manfaat kumis kucing
kumis kucing mempunyai banyak sekali nama julukan, untuk nama latinnya adalah Orthosiphon stamineus Benth, nama dari bahasa inggris nya kidney tea, plants/java tea, sedangkan nama lokalnya adalah giri-giri marah untuk daerah Sumatera, remujung untuk Jawa Barat dan Jawa Timur, sedangkan dari daerah madura kumis kucing dikenal dengan nama songot koneng.

Tumbuhan Kumis kucing berasal dari daerah Afrika Tropis. Tumbuhan ini dikenal masyarakat sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa jenis penyakit, diantaranya adalah
batu ginjal,
asam urat,
batuk, encok,
masuk angin,
sembelit,
radang ginjal,
kencing manis,
albuminuria,
dan juga sifilis

manfaat kumis kucing

kumis kucing juga telah digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan modern, tumbuhan kumis kucing mulai berkembang luas setelah banyak permintan dari industri obat obatan dan jamu dalam negeri. jadi jika kamu membutuhkan kumis kucing, tinggal pergi ke apotek atau toko tokok obat terdekat, tentunya kumis kucing yang kamu dapatkan sudah dalam bentuk obat, bukan dalam bentuk tanaman… hehehe.

selain bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, tumbuhan kumis kucing ini juga memiliki nilai jual yang tinggi lho, yaitu harga dari kumis kucing kering adalah sekitar 2,4 dollar AS per kilogram atau sekitar Rp 30.000 per kilogram.

Referensi / sumber :
http://tanamanherbal.wordpress.com/2007/12/16/kumis-kucing/

http://gedepangrango.org/kumis-kucing-untuk-menyelamatkan-hutan/

http://www.republika.co.id/berita/37105/Kumis_Kucing_Obat_Ginjal_Hingga_Sifilis

 

2 Comments »

  1. yunian asih andriyarini June 20, 2010 at 10:46 am -

    ma kasih buwat infonya..

  2. JAUHDIMATA July 8, 2009 at 6:55 pm -

    kumis tikus manpaatnya opo yo??
    :melet:

Leave A Response »