Manfaat Pisang bagi Penderita Hipertensi, Serangan Jantung dan Stroke

admin May 29, 2012 12


Pada penderita hipertensi, tekanan aliran darah yang meninggi akan menaikkan pergeserannya dengan dinding pembuluh darah. Jika kenaikannya mendadak bisa menyebabkan dinding pembuluh darah pecah. Jika pembuluh otak yang pecah akan menyebabkan stroke. Hasil analisis terhadapn 33 kasus yang dilakukan para peneliti dari John Hopkins Medical Instituion di Baltimore menunjukkan orang yan diberi suplemen kalium (paling sedikit 2,5 gram atau sebanding dengan 6 buah pisang) selama beberapa hari mengalami penurunan tekanan sistolik lebih dari 3 poin dan diastolik mendekati 2 poin.
Manfaat pisang bagi penderita hipertensi, serangan jantung dan stroke
Penelitian lain menunjukkan tiga percobaan yang menggunakan hewan percobaan mengungkap adanya indikasi stroke yang berakibat kematian berkaitan dengan rendahnya asupan kalium. Semakin tinggi kadar kalium yang dikonsumsi, semakin rendah resiko terkena serangan jantung dan stroke. Mengingat pisang kaya akan kalium maka penderita hipertensi dan jantung sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang minimum satu buah per hari.

Manfaat pisang untuk Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis bisa berakibat fatal jika tidak diantisipasi. untuk menghindarinya, kita perlu mengkonsumsi makan berkalsium tinggi (pisang mengandung kalsium 6 mg per 100 gram pisang). Jika kalsium kurang kurang proses penyerapan yang dilakukan tubuh kurang maksimal. Tubuh biasanya hanya mampu menyerap setengah dari kalsium yang dikonsumsi. Agar kemampuan itu bisa ditingkatkan, orang perlu mengkonsumsi makanan kaya oligofruktosa. Jenis erat ini diantaranya banyak terdapat dalam pisang

Manfaat pisang untuk Menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah

Selain dapat menambah asupan gizi, pisang juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wajah. Jika anda tertarik dan ingin mencobanya, sebaiknya memilih pisang yang benar-benar matang, tetapi jangan terlalu matang (berwarna kecokelatan). Pisang dapat digunakan sebagai masker untuk mengencangkan kulit wajah. Caranya, satu buah pisang dicampur dengan sebutir kuning telur dan dua sendok teh minyak zaitun. Selanjutnya, dihaluskan dan diaduk rata hingga membentuk pasta. Lulurkan pasta pisang ini ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air.

kulit sehat dengan pisang

Manfaat pisang sebagai penyegar kulit.

Caranya, satu buah pisang dicampurdengan setengah cangkir yoghur tawar dan satu sendok makan madu. Semua bahan ini dilumatkan dan diaduk rata. Masker ini dioleskan ke seluruh wajah dan leher, lalu didiamkan selama 10 menit. Selanjutnya, wajah dan leher dibilas dengan air dingin hingga bersih. Jika biasa menggunakan sabun wajah khusus, sebaiknya digunakan seetelah 10 menit wajah dibersihkan dengan air.

Selain cara di atas, menyegarkan kulit dapat dilakukan dengan mengoleskan bubur Pisang ambon lumut yang telah dicampur dengan sedikit susu dan madu ke bagian wajah. Cara ini dilakukan setiap hari secara teratur selama 30 – 40 menit. Setelah itu, kulit wajah dibasuh dengan air hangat, lalu dibilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari. pisang dapat mendinginkan kulit kering. Caranya dengan melumatkan suatu buah pisang, kemudian dioleskan ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, kulit wajah dibersihkan dengan air dingin.

Manfaat pisang untuk penghalus kulit

Caranya dengan menghancurkan dua buah pisang yang dicampur dengan tiga sendok makan gula pasir dan satu sendok makan baby oil. Ramuan ini digunakan sebagai scrub cream yang dilulurkan ke seluruh bagian tubuh.

Pisang dapat berfungsi sebagai vitamin untuk rambut yang kering. Ramuannya bisa dibuat dengan cara mencampurkan satu buah pisang yang telah dilumatkan denan 3 tetes minyak almond. Ramuan ini dioleskan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, dikeramas seperti biasa menggunakan sampo fan condisioner.

 Manfaat pisang untuk Mengatur Berat Badan

Pisang berkhasita menurunkan berat badan. Terbukti seorang kehilangan berat badan dengan berdiet empat buah pisang dan empat gelas susu tanpa lemak per hati. Cara diet ini dilakukan minimum tiga hari dalam seminggu, sehingga yang dikonsumsi hanya 1.250 kalori. DIet ini tidak terlalu menyiksa dan menu tersebut cukup menyehatkan. Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Di sisi lain, mengkonsumsi satu gelas banana milk-shake yang dicampur dengan madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan akan menaikkan berat badan jika dikonsumsi secara teratur dalam waktu yang cukup lama.

mengatur berat badan ideal dengan pisang

Manfaat pisang untuk Menenangkan emosi pada penderita stres
Stres erat kaitannya dengan kondisi emosis yang dipengaruhi neutrotansmiter otak. Meski faktor penyebab sebenarnya sangat kompleks. Karena itu, diperluka cara penangannan yang lebih baik. Salah satunya adalah melalui pengendalian asupan makanan. serotonin yang terdapat dalam pisang merupakan unsur yang berpengaruh terhadap neurotrasmiter

Pisang dapat memberikan efek penenang. Di dalamnya, terkandung serotonin yang bila kadarnya meningkat di dalam otak akan memberikan efek penenang sehingga dapat digunakan untuk menangkal stres. Karena teskturnya lunak, mudah dicerna dan memiliki kemampuan menetralkan asam (antacid), pisang juga sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan lambung, seperti penyakit maag.

Manfaat pisang untuk Meredakan nyeri
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalium dan vitamin B6, khususnya pisang segar (bukan pisang rebus atau pisang goreng) dapat mengurangi rasa nyeri, ngilu, dan sakit di bagian persendian. Pada saat bersamaan, kita pun sebaiknya lebih banyak makan buah yang kaya vitamin C, seperti jambu biji, pepaya, belimbing dan jeruk

dikutip dari buku membuat aneka olahan pisang oleh Eddy Setyo Mudjajanto, Lilik Kustiyah

Manfaat pisang untuk Meningkatkan Libido
Keharmonisan suami istri tidak bisa dipisahkan dari kepuasan yang dicapai ketika berhubungan. Untuk menjaga agar staminan tetap prima dan libido tetap tinggi, kadang-kadang orang suka menyiapkan minuman anggur, musik yang lembut atau candle light. Selain itu, tidak ada salahnya jika kita juga menyiapkan pisang. Menurut para ahli, pisang diyakini sebagai salah satu makanan yang dapat menjaga libido tetap tinggi.
Pisang mengandung kombinasi dari kalium, vitamin B, vitamin C, dan asam folat yang bisa menjadikan pisang sebagai piagr@ alami. selain pisang, ada bahan yang memiliki efek serupa yaitu mentimun, wortel dan asparagus.

Manfaat lain dari pisang

1. Pisang bermanfaat untuk membantu diet karena mengandung banyak serat.

2. Kulit pisang dapat digunakan sebagai krim anti-nyamuk.

3. Pisang dapat membantu para perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin dan stres

4. Pisang dapat mengontrol temperatur badan, terutama pada ibu hamil.

5. Pisang dapat menetralkan keasaman lambung

6. Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba pisang sebagai antigen untuk coating virus Hepatitis B. Jika pembuatan vaksin hepatitis B ini berhasil, maka vaksin hepatitis akan sangat murah.

7. Peneliti sedang berusaha mengembangkan pisang yang dapat membantu melawan penyakit campak atau cacar air, penyakit kuning, polio dan dipteri

Perhatian : Pisang bukan makanan untuk bayi yang baru lahir (neonatus)
Pisang mengandung tiramin (suatu senyawa yan secara farmakologi mirip norepinafrin) yang berefek spasmolitik sehingga bisa melemahkan peristaltik usus. Akibatnya, pemberian pisang pada bayi yang berumur kurang dari satu tahun bisa menyebabkan terjainya penyumbatan saluran cerna (ileus). Di banyak daerah kebiasan memberi pasang pada bayi sebaiknya dihentikan agar ganguan pada pencernaan dapat dicegah.

 

12 Comments »

  1. irwan April 5, 2013 at 5:46 am -

    thanks untuk infonya…. bermanfaat sekali…

  2. delsen December 22, 2012 at 11:04 am -

    pi c4ng ? yes….barangan..

Leave A Response »