Manfaat minyak kelapa bagi manusia

Manfaat minyak kelapa bagi manusia

Manfaat minyak kelapa manusia sudah diketahui selama lebih dari ribuan tahun. Namun manfaat kelapa bagi tubuh manusia baru diteliti secara ilmiah dalam seratus tahun terakhir. Seorang ahli gizi dari Ohio, Amerika Serikat bernama Dr. Weston A. Prince telah melakukan penelitian terhadap penduduk di kepulauan pasifik. Penduduk di kepulauan ini terbiasa mengkonsumsi kelapa, mulai dari dagingnya, santan atau minyaknya sebagai bahan untuk makanan. Hasilnya sungguh mengejutkan. Kesehatan fisik para penduduk disana sangat bagus, seperti fisiknya langsing dan kekar, rambutnya tebal, kulit berkilau dan giginya kuat serta bagus. Diantara semua bagian kelapa yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, minyak kelapa adalah yang paling berkhasiat.

Zat bermanfaat yang terkandung dalam minyak kepala

Dalam penelitian ilmiah, minyak kelapa telah dibuktikan khasiatnya. Menurut penelitian yang lebih intensif, zat yang terkandung dalam minyak kelapa termasuk dalam kategori asam lemak jenuh rantai sedang atau Medium Chain Fatty Acids atau MCFA. Sedangkan minyak goreng yang beredar di pasaran hampir semuanya adalah golongan minyak dengan asam lemak dengan rantai karbon yang panjang atau Long Chain Fatty Acids atau LCFA. Perbedaan yang sangat signifikan ini mempunyai dampak yang berbeda bagi kesehatan manusia. Perbedaan ini sudah dimulai saat metabolisme pertama kali terjadi dalam pencernaan hingga hasil yang diserap tubuh juga berbeda.

Manfaat minyak kelapa bagi manusia

Asam lemak jenuh rantai sedang mengandung asam laurat dengan kadar yang paling tinggi yang setara dengan air susu ibu. Perlu diketahui bahwa asam laurat ini mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh berbagai jenis penyakit. Berbeda dengan minyak goreng yang biasa kita temu, meskipun diberi label non kolesterol, namun tetap saja akan meningkatkan berat badan. Hal ini disebabkan karena LCFA akan menekan aktivitas kelenjar tiroid yang mengatur metabolisme tubuh sehingga justru menghambatnya. Lambatnya proses metabolisme ini dapat mengakibatkan banyak kerugian bagi tubuh, yakni bertambahnya berat badan karena kelebihan kalori akan disimpan dalam bentuk lemak. Tentu saja berbeda dengan MCFA yang dapat menekan penumpukan lemak, LCFA justru menambah tumpukan lemak.

Manfaat Minyak Kepala

Dari uraian diatas, tentu sudah tergambar bahwa minyak kelapa yang mengandung MCFA lebih baik dari minyak yang ada di pasaran selama ini. MCFA yang terkandung dalam minyak kelapa secara riil memiliki manfaat sebagai berikut:

• Dapat mencegah penyakit dengan membunuh virus penyebab mononukleosis, influenza, hepatitis C, herpes dan campak.
• Mencegah penyakit dengan membunuh bakteri penyebab pneumonia, infeksi tenggorokan, gigi berlubang, sakit telinga, keracunan, infeksi saluran kemih, meningitis dan gonore.
• Dapat digunakan sebagai obat untuk luka bakar, borok, jamur kulit, batu ginjal, disentri, kolera dan kutu.
• Dapat mengobati penyakit kronis degeneratif seperti kardiovaskuler, tekanan darah tinggi, kencing manis, obesitas, stroke dan kanker.

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat minyak kepala di atas,  mari kita budayakan untuk mengkonsumsi minyak kelapa sebagai minyak goreng. Untuk anda yang suka hal yang alami, anda bisa membuat sendiri minyak kelapa dirumah. Kapan-kapan kami akan membahasnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *