Manfaat Menangis bagi Kesehatan yang perlu kamu tahu

Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Kata orang menangis itu cengeng, padahal tidak seperti itu. Menangis adalah salah satu hal paling manusawi. Kalau menangis dianggap cengeng, mengapa tuhan memberikan kita air mata? Pada dasarnya menangis tidak harus identik dengan rasa sedih atau senang yang kita rasakan, saat kelilipan pun secara tidak sadar kita sering mengeluarkan air mata.

Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Terlepas dari kapan dan bagaimana anda menitihkan air mata, tahukah anda jika menangis memiliki manfaat bagi kesehatan? Manfaat yang pertama adalah menangis membuat pikiran menjadi lebih enteng dan stress berkurang. Anda mungkin sudah pernah merasakannya sendiri, dimana saat beban pikiran terlalu berat, kita menangis sejadi-jadinya. Dan setelah tangisan mereda, perasaan menjadi lebih plong. Inilah mengapa anda perlu menangis saat menghadapi kondisi stress atau depresi karena menangis adalah penyembuh alami. Tidak peduli gender atau usia, menangis tetap kita perlukan.

Manfaat Menangis bagi Kesehatan  berikutnya adalah meningkatkan ikatan antara kita dan orang lain. Tersenyum adalah cara kita terkoneksi dengan orang lain dalam kondisi senang. Sementara menangis adalah cara kita menguatkan ikatan emosional dengan orang lain dalam kondisi sedih. Menangis menunjukkan sisi rapuh dari diri kita, sehingga orang pun menjadi lebih mengerti apa yang kita rasakan. Oleh sebab itu, di dalam ikatan pertemanan, percintaan, hubungan orang tua dan anak, menangis sangat diperlukan.

Menangis juga bisa membersihkan tubuh dari racun. Satu fakta penting yang perlu anda tahu adalah ternyata jenis air mata berbeda-beda. Penelitian menunjukkan bahwa air mata yang keluar saat kita menangis akibat stress berbeda dengan air mata yang kita keluarkan saat mata terkena debu. Air mata yang keluar saat menangis akibat stress mengandung beberapa jenis racun di dalam tubuh. Berarti dengan menangis kita secara tidak langsung telah melakukan detoksifikasi. Dalam hal ini, air mata memiliki kesamaan dengan keringat karena keduanya bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Manfaat kesehatan dari menangis berikutnya adalah membantu menjaga kelembaban bola mata. Saat mata kelilipan debu, air mata akan keluar membersihkan dan membasahi kelopak mata. Seketika itu juga pandangan menjadi lebih segar dan jernih. Saat ini banyak beredar produk tetes mata untuk menjaga kelembaban mata. Sebaik-baiknya sebuah produk, tetap saja yang alami lebih baik. Obat tetes mata sebaiknya hanya dipakai saat anda benar-benar membutuhkannya, misalnya saat mengalami mata merah atau kelilipan. Ada fakta menarik lain tentang menangis. Menangis ternyata bisa merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan. Itulah mengapa perasaan kita menjadi lebih stabil dan dan mood membaik setelah menangis.

Manfaat kesehatan lain dari menangis berkaitan dengan tekanan darah. Bukan berarti menangis akan secara langsung menurunkan tekanan darah anda. Jika anda menahan-nahan tangis, stress akan semakin menumpuk di dalam pikiran, akibatnya tekanan darah juga akan meningkat. Nah, dari sini terlihat jelas korelasi antara menangis dan tekanan darah. Jika anda sudah tidak mampu menahan stress, menangislah. Menangis adalah anugerah sehingga siapapun harus bersyukur memilikinya.

Nah, itu adalah beberapa manfaat kesehatan dari menangis. semoga dapat menambah pengetahuan kamu bahwa menangis itu ternyata ada manfaat nya juga, jadi jangan sesali air mata yang jatuh.

 

Facebook Comments