Manfaat madu bagi kecantikan wanita

Manfaat madu bagi kecantikan wanita

Manfaat madu bagi kecantikan wanitaManfaat Madu

Manfaat madu bagi kecantikan wanita sudah terkenal sejak jaman dahulu kala. Madu memiliki tekstur yang lembut dan warna yang indah sehingga menghipnotis wanita untuk melakukan perawatan kecantikan dengan menggunakan madu. Wanita memang selalu ingin tampil cantik, meskipun sebenarnya sudah cukup cantik. Kecantikan alami yang dimiliki wanita memang tidak pernah memuaskan seorang wanita untuk tidak merawat dirinya lebih lanjut. Hal ini memang tidak salah karena kecantikan wanita adalah suatu hal yang terbatas dan sifatnya tidak kekal. Suatu saat jika tidak dirawat atau karena usia, kecantikan wanita pasti akan memudar.

Kandungan dan manfaat madu bagi kecantikan wanita

Manfaat madu untuk kecantikan wanita bahkan sudah dikenal sejak jaman mesir kuno. Cleopatra, seorang ratu yang terkenal akan kecantikannya konon menggunakan madu sebagai instrumen untuk merawat kecantikannya. Manfaat dan kandungan madu antara lain:

  • Madu mengandung humektan yang merupakan suatu zat yang banyak mengandung pelembab. Pelembab merupakan zat yang banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan seperti body lotion dan kondisioner rambut. Zat ini dapat berguna untuk melembabkan kulit kering. Madu dapat mengembalikan kelembaban kulit alamiah wanita sehingga tampak kencang dan mulus kembali. Kelebihan madu adalah bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Zat pelembab yang ada pada madu tidak akan membuat kulit menjadi kering atau bersisik.
  • Madu mengandung antimicrobial yang bermanfaat untuk pengobatan jerawat tipe ringan. Madu juga mengandung Alpha Hidroxy Acids (AHAs) yang merupakan kandungan yang berguna untuk membantu pengelupasan dan pembuangan sel kulit mati. Dengan masker madu setiap beberapa waktu, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih muda dari sebelumnya.

Cara untuk mendapatkan manfaat madu

Madu sangat cocok untuk melembabkan kulit, baik kulit wajah maupun kulit tubuh. Madu tidak mengandung zat kimia, oleh karena itu madu juga cocok untuk kulit yang sensitif sekalipun. Ada beberapa cara untuk mendapatkan manfaat madu, contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Masker madu

Madu digunakan sebagai masker untuk melembabkan kulit wajah dan mencegah munculnya jerawat. Masker madu sangat mudah dibuat, yakni cukup dengan mengoleskan madu murni secara merata lalu diamkan selama 15 menit. Jangan khawatir dikeroyok semut, jika madu anda asli, semut tidak akan menyentuhnya. Setelah itu anda dapat membersihkan wajah anda dengan air hangat. Anda bisa menambahkan bahan alami lain untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

  1. Lulur madu

Konsep lulur madu sama dengan masker madu. Hanya saja untuk lulur, madu dioleskan ke seluruh tubuh, tidak hanya pada kulit wajah. Kulit yang diolesi madu sebanyak 2-3 kali dalam seminggu akan semakin lembab, halus dan berkilau.

  1. Berendam air madu

Tambahkan 1,5 cangkir madu kedalam air hangat tempat anda berendam, biasanya di bathub kamar mandi. Anda dapat berendam minimal 10 menit. Berendam air hangat yang dicampur madu dapat melembutkan kulit. Cara ini mungkin lebih murah daripada cara yang kedua diatas.

  1. Scrub dengan madu

Madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit matu. Campurkan sedikit tepung almond dalam satu sendok teh madu lalu digosokkan pada kulit wajah. Setelah itu bilas dengan air hangat kuku. Scrub madu tidak hanya dapat digunakan pada wajah anda, namun dapat digunakan di seluruh tubuh.

  1. Pembersihan wajah atau facial madu

Madu dapat anda gunakan untuk membersihkan kotoran dan sisa kosmetik yang menempel pada wajah setelah beraktivitas selama sehari penuh. Campur satu sendok teh madu dan satu sendok makan susu bubuk. Oleskan pada wajah anda dan usap secara perlahan. Setelah itu anda dapat membersihkan wajah dengan air hangat kuku. Selain bersih, maka kulit wajah anda akan terasa lebih segar dan lembab.

Demikian adalah beberapa manfaat madu bagi kecantikan wanita. Semoga bermanfaat bagi wanita yang tidak ingin menggunakan bahan kimia sebagai penjaga kecantikannya. Selamat mencoba! (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *