Manfaat lintah bagi kesehatan manusia

Manfaat lintah

Lintah memiliki bahasa latin Hirudomanilensis yang dikenal sebagai hewan seperti cacing yang licin dan lambat. Namun lintah juga cukup berbahaya karena dapat menyedot darah makhluk hidup yang ditempelinya. Hewan ini tidak akan terlepas jika belum kenyang. Lintah banyak terdapat di tempat yang lembab seperti pinggir danau, rawa dan sungai. Namun meskipun menjijikkan, ternyata lintah sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah air liur lintah yang dapat dijadikan minyak obat. Khasiat minyak lintah ini sudah diketahui sejak lama sebagai zat anti pembekuan darah. Hal ini dimungkinkan karena adanya zat bernama hirudin di dalam air liur lintah. Dalam dunia kedokteran, minyak ini digunakan untuk operasi saraf-saraf kecil supaya aliran darah yang tersumbat bisa normal kembali.

Minyak lintah sebagai pengendali trombosit

Minyak lintah bermanfaat untuk kesehatan salah satunya adalah dapat mengendalikan trombosit, yakni bagian darah yang sebenarnya bermanfaat untuk menggumpalkan darah ketika terjadi luka. Namun jika trombosit membentuk trombosa di tempat yang tidak diinginkan, maka hal itu akan menjadi masalah yang serius. Pada umumnya zat hirudin dapat mencegah thrombin yang aktif dalam pembekuan darah pada pengobatan luka operasi kecil supaya tidak menimbulkan gumpalan yang dapat menghambat aliran darah. Dalam hirudin ini terdapat 65 jenis asam amino penting bagi tubuh yang dapat digunakan sebagai antibody, meningkatkan stamina dan memelihara kesehatan tubuh.

Lintah sebagai obat diabetes dan jantung

Lintah atau terkadang disebut sebagai pacet ini dulunya banyak disingkirkan oleh orang karena dianggap sebagai hewan pengganggu yang berbahaya. Namun kini banyak orang yang mencarinya dan membudidayakan lintah untuk dimanfaatkan dalam ilmu pengobatan. Di tengah kesulitan untuk menerapkan gaya hidup sehat belakangan ini, lintah dapat menghadirkan alternatif bagi pengobatan penyakit diabetes dan jantung. Diabetes dan jantung adalah penyakit yang merupakan akibat dari pola hidup yang tak sehat. Pola hidup tidak sehat ini dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah sehingga menyebabkan penyakit.

Lintah dapat digunakan sebagai perangkat terapi penyakit diatas. Terapi menggunakan hisapan lintah sudah ada sejak jaman mesir kuno dan menjadi populer karena terbukti dapat menyembuhkan penyakit kronis dan meningkatkan stamina tubuh manusia. Meskipun begitu, terapi lintah sempat turun pamor karena tergerus dengan perubahan zaman yang mengandalkan pengobatan modern dengan bahan kimia yang praktis. Namun ketika kedokteran modern tidak mampu menghadirkan solusi karena penyakit semakin beragam, banyak orang mulai melirik lintah kembali sebagai alternatif terapi sehat.

Menerapkan pola hidup sehat

Dalam semua artikel kesehatan, kami selalu berpesan bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Seampuh apapun seekor lintah menghilangkan penyakit, tetap saja tidak membuat anda merasa nyaman. Manusia yang dianugerahi akal dan pikiran hendaknya memaknai kalimat mencegah lebih baik daripada mengobati ini dalam pikirannya. Penyakit umumnya datang dari perilaku sehari-hari yang tidak baik seperti asupan makanan berkolesterol, kurang istirahat, merokok atau kurang olahraga. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita dapat menahan timbulnya penyakit yang merugikan kesehatan. (iwan)

Facebook Comments

1 Comment

  1. Thoyib

    Inget lintah, inget semasa SMP dulu…
    Berburu lintah lalu di masukkan dalam botol dicampur minyak sayur lalu dijemur, setelah air liurnya semua menyatu dengan minyak, minyak lalu disimpan untuk dioleskan ke anu saya. Katanya sih untuk memperbesar penis Hahahahahaha……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *