Manfaat kunyit dalam pengobatan tradisional

manfaat kunyit pengobatan tradisional

manfaat kunyit pengobatan tradisional

Kunyit adalah tanaman rimpang yang ubinya bermanfaat. Kunyit termasuk dalam tumbuhan tropis dan banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Suhu ideal lingkungan pertumbuhan kunyit adalah 20-30 derajat celsius. Selain itu, curah hujan yang ada dalam wilayah tersebut harus normal, tidak boleh kering dan tidak boleh berlebihan. Kunyit pada masyarakat Indonesia pada khususnya digunakan dalam banyak masakan, seperti rendang, opor ayam, nasi kuning dan lain sebagainya. Kunyit memang dapat menyedapkan dan memberi warna pada makanan sekaligus dapat menghilangkan bau amis dari daging. Namun kunyit juga bermanfaat bagi kesehatan manusia, baik dari dalam maupun dari luar tubuh. Dibawah ini adalah manfaat kunyit bagi kesehatan dan bagaimana cara untuk membuat ramuannya.

  • Yang pertama, kunyit dapat mencegah panas dalam. Cara pembuatannya adalah ambil satu biji kunyit yang lumayan besar, bersihkan sampai tak tersisa bekas tanah dan kulit yang menempel. Setelah itu parut kuntik dan campurkan dengan gula merah yang telah dipotong-potong. Tambahkan air panas lalu aduk hingga terlihat mengental. Setelah itu anda dapat menyaring ramuan tersebut. Hasil saringan dapat diminum terus sampai hilang panas dalam yang anda alami. Lebih baik diminum dalam keadaan masih hangat.
  • Yang kedua, kunyit dapat mencegah keputihan. Caranya adalah dengan mengambil dua ruas kunyit, satu genggam daun beluntas, satu genggam asam jawa dan sepotong gula aren. Setelah semua bahan dibersihkan lalu direbus bersamaan dalam air mendidih sebanyak dua gelas hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Saring hasil rebusan tersebut dan minim dalam keadaan hangat.
  • Yang ketiga, kunyit dapat mencegah gatal-gatal dan penyakit kulit. Caranya adalah ambil satu ruas kunyit, dibersihkan lalu diparut. Tumbuh biji cengkeh dan campurkan ke dalam parutan kunyit serta tambahkan bung melati. Lalu ketiga bahan tersebut diremas-remas dan dibalurkan kepada bagian tubuh yang terasa gatal. Sedangkan untuk mengobati luka, anda dapat mencampurkan parutan kunyit dengan asam Jawa dan membalurkan pada luka hingga luka kering dan tidak terasa sakit lagi.
  • Yang keempat, kunyit dapat mencegah rasa tidak nyaman karena sariawan, bengkak mulut dan tenggorokan gatal. Caranya adalah ambil kunyit lalu bersihkan dan diparut. Campurkan air secukupnya lalu peras. Campur perasan kunyit tadi dengan sedikit garam. Setelah itu air perasan dapat diminum dengan cara digunakan kumur terlebih dahulu. Selain itu, akar kunyit dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik dan bengkak pada tubuh dengan cara yang sama.

Selain itu, kunyit memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga dipercaya dapat menurunkan kolesterol, mengindari serangan jantung dan baik untuk pembuluh darah. Kunyit memiliki kandungan vitamin C dan E serta karatenoid yang tinggi. Karatenoid adalah sejenis makanan herbal yang dapat menghalangi oksigen berlebih masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang membuat kunyit dapat mencegah masuk angin. Demikian sedikit ulasan mengenai kunyit dari kami. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://majalahkesehatan.com/manfaat-dan-khasiat-kunyit-bagi-manusia/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *