Manfaat Kesehatan dari Bawang Putih yang Luar Biasa

Manfaat Kesehatan dari Bawang Putih yang Luar Biasa

Manfaat Kesehatan dari Bawang Putih yang Luar Biasa

Bau dari bawang mungkin membuat anda menjauhi bahan makanan yang satu ini. Namun jika tidak dikonsumsi secara berlebihan sebenarnya bawang putih tidak terlalu menimbulkan bau mulut. Bawang putih juga telah menjadi bagian dari kuliner Indonesia. Sepertinya ada yang kurang jika belum memasukkan bawang putih ke dalam makanan. Tahukah anda jika bawang ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan? Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda harus mengkonsumsi bawang:

Manfaat Kesehatan dari Bawang Putih yang Luar Biasa

Manfaat kesehatan dari bawang putih yang pertama adalah bahan makanan ini ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Seperti kita ketehui, kolesterol adalah masalah yang perlu kita waspadai sebab bisa mengancam keselamatan jiwa, yaitu bisa meningkatkan resiko serangan jantung. Ada beberapa penelitian terkait manfaat bawang untuk menurunkan kolesterol. Dan penelitian tersebut memang menunjukkan bahwa ada korelasi yang cukup kuat antara bawang putih dan kadar kolesterol di dalam darah.

Manfaat kesehatan bawang putih yang lainnya adalah sebagai antioksidan. Ada beberapa makanan yang mengandung antioksidan, dan bawang putih adalah salah satunya. Ada kandungan di dalam bawang yang disebut dengan alisin, yang memberikan rasa dan bau pada bawang. Namun kandungan tersebut ternyata merupakan sebuah antioksidan. Namun begitu, hingga kini peneliti belum tahu bagaimana sebenarnya alisin bekerja dan bagaimana efektivitas senyawa tersebut dibandingkan dengan antioksidan lain seperti  vitamin E. Pemakaian bawang putih untuk pengobatan telah ada di China sejak ribuan tahun lalu. Saat ini semakin banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran zat-zat di dalam bawang putih dalam mengatasi masalah kesehatan seperti stroke dan penyakit jantung. Kandungan  antioksidan di dalam bawang putih juga dipercaya bisa mencegah munculnya kanker. Selain itu sistem kekebalan tubuh akan meningkat dengan sering mengkonsumsi bawang putih.

Manfaat kesehatan bawang putih yang lainnya adalah sebagai anti bakteri. Faktanya bawang putih memang memiliki kandungan khusus yang menjadikannya sumber antibiotik yang baik. Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh ilmuwan Inggris berkaitan dengan masalah ini. Penelitian tersebut melibatkan 146 orang, sebagian diantara mereka diberikan plasebo, sementara yang lainnya diberikan bawang putih. Setelah 12 minggu, ditemukan hasil bahwa kelompok yang mengkonsumsi bawang putih lebih tahan terhadap flu. Dari penelitian tersebut juga terungkap bahwa mereka yang mengkonsumsi lebih dari 6 siung bawang putih setiap minggu, 30% lebih tahan terhadap penyakit kanker kolorektal.

Masih ada manfaat bawang putih yang lain, yaitu untuk detoksifikasi. Kanker dipercaya muncul karena kerusakan pada DNA, dan juga bisa dipengaruhi oleh racun yang masuk ke dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Fred Hutchinson Cancer Research Center mengungkap bahwa dengan rutin mengkonsumsi 1 – 2 siung bawang putih sehari, tubuh akan memproduksi lebih banyak enzim yang mampu membersihkan racun di dalam tubuh. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa pria membutuhkan lebih banyak bawang putih untuk mendapatkan efek yang sama dengan wanita.

Nah, karena begitu besar manfaat dari bawang putih, mulai dari sekarang terus konsumsi bawang putih. Karena hampir semua masakan Indonesia memakai bawang putih, jadi kita sepertinya tidak pernah kurang mengkonsumsi bahan makanan yang menyehatkan ini.

Facebook Comments

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *