Manfaat Kencur sebagai obat tradisional alami

kencur

Kencur adalah tumbuhan berbatang lunak dengan daging berwarna putih dan kulit luar berwarna coklat. Seringkali disebut dengan nama cikur oleh orang Sunda, ceuko oleh orang Aceh dan cekir oleh orang Sumba. Kencur umumnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur sejak jaman dahulu kala. Selain itu kencur juga dapat digunakan sebagai bahan baku jamu dan obat herbal tradisional. Di dunia modern ini, kencur juga digunakan sebagai bahan kosmetik, fitofarmaka, penyedap rasa dan minuman dalam kemasan. Kencur dalam istilah lati disebut Kaempferia galanga L. Tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid dan dapat digunakan sebagai stimulan.

kencur

Kencur merupakan nama yang dipinjam dari bahasa sansakerta, kachora yang berarti temu putuh atau curcuma zedoaria. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, Cina Selatan, Indonesia hingga Australia Utara. Selain digunakan sebagai bumbu masakan tradisional Indonesia, jamu-jamuan juga menggunakan tanaman ini sebagai bahan baku. Kencur juga dipakai sebagai tonik untuk menambah nafsu makan untuk anak-anak. Jamu yang terkenal menggunakan kencur adalah jamu beras kencur, yang selain dapat menyehatkan juga rasanya enak sekali. Selain itu kencur memiliki khasiat sebagai berikut:

Manfaat Kencur untuk pengobatan

Pelangsing tubuh
Satu rimpang kencur ditambah satu sendok tepung beras dan satu potong gula kelapa diseduh dengan segelas air panas. Ramuan ini dapat diminum 3x sehari secara rutin.

Obat batuk
Tiga potong kencur sebesar jari diparut dan dimasukkan ke dalam setengah gelas air yang sudah dicampur garam secukupnya. Minum ramuan ini pada pagi dan sore, maka tenggorokan anda akan lancar.

Mengobati keseleo
satu rimpang kencur dan beras yang sudah direndam, ulek hingga halus dan lumatkan kedua bahan tersebut dengan air. Oleskan ramuan ini pada bagian tubuh yang keseleo.

Menambah nafsu makan
Beras disangrai, lalu ditumbuk hingga halus. Kencur diparut dan diblender. Bahan-bahan ini kemudian dicampur, diperas dan disaring. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Sementara itu masak asam jawa dan gula merah dan disaring. Campurkan semua bahan lalu disaring dan bisa diminum.

manfaat kencur

Sejak jaman dahulu kencur memang dikenal sebagai tanaman yang mengandung khasiat obat yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Menurut penelitian di laboratorium, tanaman ini mengandung banyak khasiat karena mengandung lebih dari 23 senyawa dan diantaranya tujuh mengandung senyawa monoterpena, aromatik dan seskuiterpena. Komposisi kimia dari kencur yang termasuk rimpang ini adalah pati sebanyak 4%, mineral 13,73% dan minyak atsiri 0,02%. Tanaman yang merupakan warisan leluhur ini selayaknya mendapat perhatian serius oleh pemerintah dan perlu digalakkan pelestariannya. Sehingga banyak generasi kita yang mengenal tanaman ini dan menggunakannya di rumah. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *