Manfaat dari buah mentimun untuk kesehatan

admin September 6, 2012 1


Mentimun untuk kesehatan

Sebelumnya kita pernah membahas tentang sejarah, manfaat serta kegunaan buah mentimun. Saat ini kita akan membahas manfaat mentimun yang cukup banyak ini. Manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah mentimun akan kita bahas satu persatu di bawah ini.

Manfaat mentimun: perawatan kulit

Buah mentimun mengandung suatu zat yang bersifat diuretic yang memberikan manfaat sebagai pembersih kulit. Selain itu juga dapat mendinginkan wajah. Kandungan yang terdapat dalam buah mentimun bukan hanya air saja, namun juga mengandung vitamin A, B dan C. Oleh karena itu mentimun baik untuk kesehatan kulit. Banyaknya kandungan vitamin ini membuat mentimun cocok untuk digunakan sebagai perawatan kulit, terutama wajah. Masker wajah yang menggunakan sari mentimun fungsinya untuk mengencangkan kulit. Mata yang mengalami pembengkakan akibat kurang tidur juga dapat diatasi dengan mentimun karena mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic yang dapat menurunkan tingkat retensi air.

manfaat mentimun untuk kesehatan

fungsi pencernaan

Masalah pencernaan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, yang diantaranya adalah maag, gastritis dan tukak. Agar terhindar dari penyakit tersebut atau untuk menyembuhkannya, sering-seringlah mengkonsumsi jus buah mentimun. Buah mentimun mengandung banyak serat yang dapat mengusir racun dari sistem pencernaan kita. Untuk yang mengalami masalah sembelit maka mentimun adalah obat yang ampuh untuk mengatasinya.

kesehatan sendi

Mentimun mengandung Silika yang dapat memperkuat jaringan ikat yang ada pada tubuh kita. Jaringan ikat yang kuat dapat membuat sendi menjadi kuat dan kesehatannya terjaga dengan baik. Hal ini akan membuat kita terhindar dari penyakit semacam rematik dan nyeri sendi.

mentimun

pencernaan protein

Mentimun mengandung enzim erepsin dalam setiap buahnya. Enzim ini dapat membantu anda memperlancar pencernaan protein dalam tubuh kita. Pencernaan protein yang lancar dapat membuat tubuh kita sehat dan cepat gemuk.

 tekanan darah

Mentimun dapat menjaga tekanan darah tubuh tetap normal. Dengan mengkonsumsi buah ini setiap hari, maka tekanan darah anda dapat menjadi normal. Hal ini dikarenakan mentimun memiliki kandungan potasium, magnesium dan serat tinggi.

membunuh cacing pita

Semua bagian buah mentimun ada manfaatnya, bahkan pada bijinya sekalipun. Anak-anak yang cacingan dapat diberikan mentimun sebagai obat alami. Biji mentimun mengandung semacam racun kaloid yang mematikan bagi cacing pita. Oleh karena itu mentimun dapat membersihkan saluran usus supaya tidak ada lagi cacing yang berada dalam tubuh. Selain itu, dalam biji mentimun juga mengandung anti-inflamasi yang dapat mengobati pembengkakan pada tenggorokan atau hidung.

Perawatan kuku

Kandungan silica dalam buah ketimun dapat dipakai untuk merawat kuku. Buah mentimun dapat digunakan untuk menggosok kuku atau merendam kaki dengan air yang dicampur mentimun. Kandungan silica ini akan mencegah rusak dan pecahnya kuku pada bagian jari tangan dan jari kaki.

Pencegah penyakit rematik dan encok

Untuk anda yang menderita penyakit rematik dan encok, buah mentimun adalah obat yang cocok. Kandungan vitamin B1, A, C, D dan B6 ditambah dengan magnesium, kalsium dan asam folatnya baik untuk anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka anda dapat mencampurkan wortel dan mentimun untuk dibuat jus.

Obat sakit gigi dan gusi

Ada banyak jenis penyakit mulut yang dapat timbul di gigi dan gusi. Salah satu penyakit namanya pyorrhea. Penyakit ini dapat diobati dengan khasiat yang ada di buah mentimun jika dikonsumsi dalam bentuk jus. Anda juga dapat mengkonsumsi buah mentimun secara langsung untuk menetralisasi basa dan asam dalam mulut.

Baik untuk penderita diabetes

Mentimun juga sangat baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan mentimun mengandung mineral mangaan yang dibutuhkan dalam sintesis insulin alami. Kandungan mangaan yang terkandung dalam buah mentimun sangat mencukupi.

Perawatan ginjal

Mentimun juga cukup bagus bagi anda yang memiliki masalah pada ginjal. Kandungan air yang ada dalam mentimun dapat memperbaiki fungsi ginjal dan memperlancar proses urinasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh dokter, mentimun dapat menjadi bahan alami yang cocok dikonsumsi oleh orang yang ginjalnya bermasalah.

Menyuburkan rambut

Silika yang ada pada buah mentimun dapat membantu menyuburkan rambut. Jus buah mentimun dapat dicampur dengan wortel, bayam dan selada dalam membantu menyuburkan rambut. Silika yang terdapat jaringan ikat ini membantu pertumbuhan rambut. Seorang yang raijn mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung silika, maka akan memiliki rambut yang bagus dan tulang yang sehat.

Selain hal ini masih banyak manfaat mentimun yang lain. Antara lain sebagai berikut:

  1. Dapat digunakan sebagai pembasmi hama.
  2. Perawatan wajah dengan mendetoksifikasi maupun racun tubuh dan membunuh bakteri.
  3. Pengobatan penyakit hipertensi, panas dalam, penyakit tipus dan mencegah kanker.
  4. Dapat digunakan untuk mengobati selulit, diare dan sembelit.
  5. Dapat digunakan sebagai anti belatung dalam makanan.

Ini hanya sebagian lain manfaat mentimun untuk kesehatan manusia. Manfaatnya cukup banyak, bukan? Oleh karena itu sudah bukan saatnya lagi anda menganggap sebelah mata buah ini, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu.  (iwan)

 

One Comment »

  1. maulana January 27, 2013 at 11:20 pm -

    Di bagian mana silika berada?

Leave A Response »