Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan dengan Kandungan Gizi nya

manfaat buah sawo bagi kesehatan

Buah Sawo

manfaat buah sawo bagi kesehatan
Foto buah sawo bagi kesehatan

Buah sawo, buah ini sangat manis, dagingnya sangat empuk, dan mengandung air cukup banyak. buah yang berbentuk oval ini akan berwarna cokelat jika sudah matang dan siap untuk dimakan. Untuk memakannya pun bisa dengan dikupas atau tanpa dikupas, karena memakan langsung bersama dengan kulitnya juga tidak kalah nikmatnya. Meskipun buat ini bisa dengan mudah kita dapatkan di Indonesia, namun buah ini bukan tanaman asli indonesia. Diperkirakan buah sawo berasal dari Amerika tengah, selanjutnya buah ini menyebar ke berbagai ke berbagai negara, seperti Sri Lanka, India, Malaysia, dan negara kita ini.

Manfaat buah sawo

Sama seperti buah-buahan jenis lainnya, buah yang dalam satu pohonnya bisa menghasilan hingga 2000 buah per tahun ini menyimpan banyak manfaat kesehatan bagi yang mengkonsuminya. Apa saja manfaat buah sawo ini? Berdasarkan info dari NutritionAndYou dengan kandungan gizi yang banyak, buah manis legit ini memiliki manfaat antara lain sebagai berikut :

1.  Manfaat sawo yang pertama, buah ini memiliki kandungan serat yang baik sehingga bisa mengobati mereka yang terkena sakit sembelit, serta melindungi selaput lendir susu dari racun yang dapat menyebabkan kanker.  Dengan memakan 100 gram sawo dapat memberikan energi sampai 83 kalori serta rat sebanyak 5,6 gram.

2. Tanin merupakan salah satu zat antioksidan polifenol yang terkandung dalam sawo.  Tanin ini sangat bermanfaat sekali bagi tubuh sebagai antiradang, antivirus, antibakteri dan antiparasit.  Sehingga buah sawo ini cocok sekali digunakan sebagai obat waris, diare, bahkan untuk menghentikan perdarahan. gangguan lain seperti erosif gastritis, refluks esofagitis, enteritis, dan gangguan usus bisa juga diatasi oleh tanin dalam sawo.

3. Vitamin c yang terkandung pada sawo juga tidak bisa dipandang sebelah matah, ia mengandung vitamin c sebanyak 24,5 % per 100 gramnya. Vitamin A juga ada dalam buah ini. Vitamin C dan A ini sangat penting perannya sebagai penghalang radikal bebas.

4. Buah sawo juga sangat bermanfaat untuk membantu berbagai proses produksi enzim dan metabolisme pada tubuh. Karena sawo juga mengandung zat besi, kalium, tembaga, asam folat niasin, serta pentotenan.

Setelah melihat manfaat buah sawo begitu banyak, tidak ada salahnya jika kita masukkan buah ini ke dalam daftar buah favorit kita. Jadi ketika masuk ke toko buah, kita tidak mengabaikan buah cokelat ini. Sekilo atau setengah kilo sudah cukup untuk memenuhi gizi anda.

Semoga informasi mengenai manfaat sawo dengan kaneungan gizinya di atas dapat menambah pengetahuan kesehatan kamu. Selamat menikmati buah sawo.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *