Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Gizi-nya

admin December 27, 2012 0


Pemanfaatan buah Nangka

Nangka merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di asia, salah satunya negara kita Indonesia. Jadi sebagia orang Indonesia kita pasti mengenal buah yang memiliki rasa manis legit ini. Nangka selain bisa dinikmati buahnya bisa dinimati secara langsung, bisa juga digunakan untuk campuran makanan atau minuman, seperti untuk membuat es buah, tambahan puding atau bahkan dibuat jus.  Sementara itu bagian bijinya pun bisa juga dikonsumsi, namun tidak langsung dimakan, harus direbus terlebih dulu, nanti rasanya seperti makanan jenis ubi ubian.

manfaat buah nangka

Foto buah nangka

Manfaat nangka bagi kesehatan

Selain memberikan rasa nikmat pada mulut, kandungan gizi buah nangka juga memberikan manfaat atau khasiat bagi kesehatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada beberapa banfaat buah nangka untuk kesehatan. enam di antaranya seperti yang disandur dari situs nutrision and you di bawah ini  :

  1. Manfaat buah nangka, mengandung serat yang baik untuk mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Serat ini juga bisa melindungi membran mukosa pada usus dan bisa mengingat zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker pada usu besar.
  2. Manfaat buah nangka dapat mencegah terjadinya resistensi terhadap penyebab infeksi dan bisa membuat terlindung dari radikah bebas yang berbahaya. Ini disebabkan karena nangka mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. ada sekitar 13,7 miligram vitamin C dalam 100 gram nangka.
  3. Manfaat nangka dapat mengembalikan tenaga pada tubuh secara langsung.  Mengapa? karena nangka mengandung gula sederhana seperti sukrosa dan fruktosa yang bisa langsung diubah menjadi energi melalui proses metabolisme tubuh.
  4. Manfaat nangka untuk menjaga kesehatan jantung, karena nangka mengandung zat yang baik bagi jantung seperti potasium, magnesium, mangan, kalium dan zat besi. Perlu kamu ketahui bahwa kalium berguna untuk mengatur detak jantung serta tekanan darah.
  5. Manfaat nangka bisa untuk mencegah kecacatan otak, karena nangka mengandung banyak asam folat, asam folat inilah yang nantinya berfungsi untuk mecegah kecacatan otak.  Vitamin B kompleks, B6, Niacin dan riboflavin juga ditemukan pada buah nangka.
  6. Manfaat nangka dapat membuat kita terhindar dari sakit kanker rongga mulut dan kanker paru-paru. Karena nangka mengandung banyak vitamin A dan antioksidan flavanoid seperti xanthin, beta-karoten, lutein, dan juga beta cryproxanthin. Selain mencegah kanker, vitamin pada nangka ini bisa juga untuk menjaga kulit dan selaput lendir.

Itulah beberapa manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh kita. Jadi jika ada kawan atau sodara menawari buah nangka, jangan sungkan-sungkan untuk menerimanya. Akhir kata, semoga informasi di atas bisa menambah ilmu pengetahuan kamu khususnya di bidang kesehatan

Galeri Foto Buah Nangka yang enak

Berikut ini galeri foto buah nangka yang enak dan legit itu

 

Leave A Response »