Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

admin December 21, 2012 0


Manfaat Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah. Dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, buah ini disebut avokad. Buah yang berwarna hijau dan memiliki daging buah tebal ini sering dimanfaatkan manusia sebagai hidangan, baik makanan pembuka ataupun minuman. Rasa alpukat memang nikmat, manis dengan sedikit rasa pahit getir di dalamnya. Buah ini dalam berbagai musim sering kita jumpai di pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Memang harga alpukat bisa dikatakan tidak murah, namun juga tidak bisa dikatakan mahal, cukup terjangkau bagi berbagai kalangan ekonomi.

manfaat buah alpukat

Dibalik nikmatnya buah ini, ada banyak khasiat positif bagi manusia. Manfaat alpukat bahkan hampir dari seluruh bagian pohonnya bermanfaat. Mulai dari kayu sebagai bahan bakar, kulit kayu sebagai pewarna bahan kulit, biji dan daun untuk industri pakaian serta tak kalah penting adalah buahnya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Alpukat terkenal sebagai masker yang baik bagi wajah. Buah ini ditasbihkan bisa membuat kulit lebih kencang dan pori-pori lebih rapat. Perawatan rambut menggunakan alpukat juga bisa dilakukan, digunakan ketika melakukan creambath.

Kandungan gizi alpukat

Buah alpukat yang dikonsumsi oleh manusia memiliki nutrisi yang tinggi. Setidaknya ada 11 vitamin dan 14 mineral yang dikandung oleh alpukat. Alpukat mengandung riboflavin, niasin, potasium dan vitamin C. Mesipun mengandung lemak tinggi, namun yang dikandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh. Lemak ini adalah lemak yang sama seperti terkandung dalam minyak zaitun, termasuk dalam lemak yang menyehatkan. Lemak jenis ini berdampak positif bagi tubuh manusia dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah (LDL). Sedangkan zat lain yang terkandung dalam alpukat yang berguna bagi tubuh manusia adalah sebagai berikut:

Alpukat mengandung Asam oleat

Asam oleat adalah antioksidan yang kuat sekali menangkap radikal bebas dalam tubuh. Ini tentu saja membantu sel-sel daya tahan tubuh untuk memerangi radikal bebas yang jika menumpuk akan menimbulkan keluhan kesehatan bahkan penyakit kritis.

Manfaat Alpukat Zat Besi dan Tembaga.

Zat ini sangat diperlukan untuk regenerasi sel darah dan mencegah terjadinya anemia. Eritrosit atau sel darah merah sangat memerlukan zat besi dalam pembentukannya. Jika suplai zat besi kurang maka akan terjadi anemia atau kekurangan sel darah merah.

Manfaat Alpukat mengandung Mangaan dan Seng

Unsur mineral ini merupakan salah satu mineral yang dapat mengencerkan darah sehingga menurunkan tekanan darah. Selain itu kedua unsur ini menjaga detak jantung dan saraf tetap berfungsi normal.

Masyarakat kita masih banyak yang takut makan alpukat karena mengandung lemak, namun itu akibat salahnya informasi yang didapat. Alpukat tidaklah membuat gemuk karena lemak yang terkandung didalamnya adalah lemak tak jenuh. Seharusnya kita tidak takut memakan buah-buahan, terutama alpukat karena dalam jumlah yang wajar justru akan bermanfaat bagi kesehatan kita. (Iwan)

Galeri Fotografi Buah Alpukat

 

Leave A Response »