Manfaat Brokoli untuk mencegah terjadinya kanker prostat

Manfaat Brokoli mencegah kanker prostat

Kita sudah mengenal sayuran hijau tua yang rasanya sedikit hambar ini sebagai pencegah kerusakan pembuluh darah. Sayuran yang tidak disukai kebanyakan anak-anak ini memang diberi predikat superfood, yaitu makanan yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Setelah dalam penelitian sebelumnya ditemukan bahwa brokoli dan semua jenis tanaman brassica mengandung sulforaphane yang bersifat anti-kanker dan dapat melindungi pembuluh darah, sekarang di dalam brokoli ditemukan sebuah fitonutrien lagi yang memilki efek antikanker. Fitonutrien lain ini diberi nama Indole-3-carbinol. Penemuan ini diterbitkan dalam jurnal kanker Oncology.

Manfaat Brokoli mencegah kanker prostat
Indole-3-carbinol terbukti dapat mengurangi keaktifan metabolisme estrogen yang potensial dalam meningkatkan resiko pertumbuhan tumor, terutama pada sel kanker yang sensitif terhadap estrogen. Fitonutrien ini juga terbukti menaikkan kadar 2-hidroksietrone yang merupakan salah satu bentuk estrogen yang menekan timbulnya sel kanker. Indole-3-carbinol tidak hanya menekan pertumbuhan sel kanker di payudara, namun juga menekan pertumbuhan sel kanker di organ lain yang berpotensi kanker seperti otak, paru-paru, hati dan prostat.

Selain memelihara pembuluh darah, ternyata sulforaphane juga meningkatkan enzim yang mendetoksifikasi tubuh dengan membersihkan zat-zat yang bersifat karsinogenik lebih cepat lagi. Penelitian yang dilakukan di John Hopkins melakukan pengujian efek dari sulforaphane pada beberapa jenis sel kanker. Para peneliti mendapatkan hasil yang luar biasa, yaitu semakin turunnya berat sel kanker dan semakin lambat dalam berkembang, bahkan beberapa diantaranya mengecil. Selain itu sulforaphane juga memiliki kemampuan dalam mengurangi pertumbuan sel dan kematian sel pada leukimia dan melanoma. Hasil studi yang dikeluarkan pada jurnal Carcinogenesis oleh Rutgers University menunjukkan bahwa sulforaphane memberikan perlindungan pada individu yang secara genetik rawan terhadap kanker kolon.

Kembali pada Indole-3-carbinol, sebuah studi yang menyelidiki efeknya menghasilkan kesimpulan bahwa siklus sel dan proliferasi pada sel kanker prostat manusia menjadi lebih baik dengan adanya zat ini. Pertumbuhan sel kanker prostat menjadi terhambat dan hampir tidak berkembang sama sekali. Ini menunjukkan bahwa Indole-3-carbinol bisa dikategorikan sebahai zat anti-proliferasi pada sel kanker prostat. Hasil penelitian ini juga menobatkan brokoli sebagai agen kemoterapi alamiah yang potensial terhadap proses penyembuhan kanker prostat. Berhubung kanker prostat terbanyak diderita oleh laki-laki, sudah saatnya sekarang laki-laki membiasakan makan brokoli untuk kesehatan di kemudian hari.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *