Makanan yang sehat untuk ibu hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil

Memang hamil adalah peristiwa yang ditunggu oleh banyak wanita, terutama yang sudah resmi menikah. Namun selama kehamilan, kebutuhan energi dan nutrisi wanita meningkat. Nutrisi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan janin, pembentukan plasenta, pembuluh darah, dan lain-lainnya. Perkembangan otak janin yang dikandung nantinya menentukan kecerdasan manusia baru tersebut dan hal ini juga sangat dipengaruhi dengan nutrisi yang baik dan cukup. Tambahan kalori juga diperukan untuk menghidupi proses metabolisme jaringan baru yang terbentuk di dalam rahim seorang ibu. Jika seorang ibu ingin memiliki bayi yang sehat, kuat dan cerdas, anda harus memperhatikan gizi yang anda asup setiap harinya. Anda harus memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang anda konsumsi. Oleh karena itu seorang ibu hamil memiliki kebutuhan gizi yang khusus.

Makanan sehat untuk ibu hamil

Kebutuhan gizi ibu hamil dapat tertutup dnegan makanan sehat dan seimbang. Vitamin juga dibutuhkan selain makanan yang sehat. Bahkan sebelum terjadi kehamilan, keadaan gizi seorang ibu harus diperhatikan. Hal ini dapat membuat bayi mendapatkan gizi yang diperlukan. Namun sebenarnya tidak hanya ketika hamil dan berniat hamil saja seorang ibu harus memperhatikan gizi yang seimbang untuk dirinya sendiri. Berikut ini adalah beberapa syarat makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil.

  1. Buatlah menu makanan yang anda asup sesuai dengan kaidah 4 sehat 5 sempurna. Karbohidrat dalam menu makanan harus cukup karena karbohidrat merupakan sumber kalori yang dibutuhkan ibu hamil sebagai energi dalam setiap aktivitas. Ibu hamil memang tidak boleh malas-malasan, namun harus cukup gizi supaya tidak kekurangan tenaga dan tidak bersemangat.
  2. Konsumsilah banyak serat untuk menghindari konstipasi. Pada saat hamil, konstipasi sangat tidak nyaman dan dapat membahayakan janin yang dikandung karena pencernaan yang tidak lancar dapat memicu penyakit-penyakit lainnya.
  3. Vitamin kompleks dan mineral seperti Kalsium, Fe dan Fosfor sangat penting bagi ibu hamil. Pastikan makanan yang anda konsumsi mengandung banyak vitamin. Jika kurang yakin pada sayuran, tambahkan buah dalam menu ngemil anda setiap hari.
  4. Pastikan makanan yang anda makan mengandung vitamin B1, B2, Niacin dan asam pantotenat. Vitamin B12 diperlukan digunakan untuk membentuk DNA dan sel darah merah, sehingga berpengaruh pada perkembangan janin.
  5. Jika memungkinkan atau tidak alergi susu, minumlah banyak susu, minimum dua gelas tiap hari.
  6. Kebutuhan protein ibu hamil tentu saja lebih besar daripada biasanya, yakni sekitar 60 gram, dimana ini 10-15 gram lebih banyak daripada orang yang tidak hamil. Protein digunakan untuk membentuk jaringan baru, baik janin maupun plasenta. Otak bayi juga ditentukan pertumbuhannya dari asupan protein yang ada.
  7. Ibu hamil setidaknya wajib meminum air lebih banyak dari orang normal, paling tidak 9 gelas sehari atau 2,5 liter. Banyak minum air tidak ada hubungannya dengan bengkak pada kaki yang biasa terjadi pada ibu hamil. Jika konsumsi air dikurangi, justru akan menyebabkan kerusakan ginjal.
  8. Kurangi bahkan hindari makanan yang mengandung kafein dan bahan pengawet. Bahan ini antara lain kopi, teh, coklat dan mie instan. Selain itu makanan yang mengandung pengawet tidak memiliki kandungan gizi yang cukup untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Selain itu kafein juga dapat mengganggu jantung janin dan menghambat pertumbuhan berat badan janin. Jika sudah terbiasa minum manis, gantikan dengan jus buah, susu, air madu atau susu kocok yang banyak vitamin dan mineralnya.

Demikian adalah makanan-makanan yang baik bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *