Makanan yang mengandung lemak baik atau HDL

admin December 14, 2012 1


Banyak orang yang berpikir buruk ketika mendengarkan kata lemak. Mereka langsung berpikir pada benda yang berwarna kuning, lembek, berbau apak, berminyak dan menjijikkan. Selain itu banyak juga yang berpikir bahwa lemak itu buruk bagi kesehatan. Itu memang benar adanya, namun kurang tepat jika dikatakan buruk seluruhnya. Lemak dalam jumlah dan jenis tertentu sangat diperlukan oleh tubuh untuk memperlancar metabolisme. Lemak juga sering digunakan sebagai sumber energi.

buah Alpukat mengandung lemak baik atau HDL

Lemak yang harus dihindari adalah lemak dengan jenis yang jenuh, seperti lemak trans, minyak sawit terhidrogenisasi, dan beberapa jenis minyak tropis yang dapat mengakibatkan keluhan kesehatan dan kegemukan. Namun ada juga lemak yang harus ada dalam asupan makanan kita, yaitu lemak tak jenuh. Pada umumnya lemak tak jenuh berasal dari tumbuhan atau disebut sebagai lemak nabati. Lemak ini bisa didapat dari tumbuhan seperti zaitun, kacang dan biji-bijian lain. Makanan ini diantaranya:

Alpukat
Sudah pernah disinggung bahwa alpukat mengandung banyak sekali lemak baik tak jenuh (HDL) yang baik untuk jantung manusia. HDL mengurangi LDL atau lemak jenuh di dalam darah dan memperlancar aliran darah sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras. Selain itu dengan berkurangnya LDL, resiko penyakit Stroke juga akan berkurang. Alpukat mudah diperoleh dan cukup terjangkau harganya, itulah alasan kenapa alpukat sebagai pilihan nomer satu.

Minyak kelapa murni
Minyak kelapa murni yang sering disebut sebagai Virgin Coconut Oil (VCO). VCO dapat menjadi minuman penutup yang sehat. Minum satu sendok makan VCO setiap hari dapat meningkatkan kesehatan anda. VCO kaya akan vitamin K dan E serta zat besi. Selain itu VCO dapat mengurangi stress pada sistem endokrin. Saat ini sudah banyak yang memproduksi VCO dalam kemasan sehingga kita tidak perlu repot-repot membuatnya. Namun anda perlu teliti sebelum membeli karena juga ada VCO kemasan yang palsu.

Ikan
Beberapa jenis ikan mengandung lemak baik yang dapat menyehatkan tubuh, selain mengandung protein. Contohnya adalah ikan salmon, sarden, herring, mackarel dan tuna. Ikan-ikan ini mengandung lemak omega-3 yang berfungsi mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler, membantu perkembangan otak dan pertumbuhan fisik untuk anak-anak. Asam emak omega-3 juga dapat mengurangi kadar LDL dalam darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker.

Kacang-kacangan
Sumber nutrisi baik ini dapat melindungi kesehatan anda. Makan kacang secara teratur dapat merendahkan resiko serangan jantung dan stroke. Kacang disini adalah segala macam jenis kacang yang dikenal. Kacang mengandung LDL yang sedikit namun mengandung HDL yang tinggi. Khusus kacang kenari mengandung omega-3 yang seperti disebutkan diatas mengurangi resiko jantung dan stroke.

Nah, mulai saat ini mari kita memulai hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi salah satu diantara makanan-makanan yang disebutkan diatas. Sesuaikan dengan anggaran yang anda miliki. Sehat tentu saja tak harus mahal, asalkan mengerti ilmunya.

 

One Comment »

  1. revan aditya December 20, 2012 at 6:07 am -

    cara

Leave A Response »