Makanan pedas berlebihan dapat merugikan pencernaan

dampak makanan pedas

Makanan yang pedas bagi sebagian orang memang membangkitkan selera. Pedas memang menjadi salah satu ciri khas kuliner di daerah tropis yang memang memiliki banyak macam pilihan rempah untuk membuat makanan menjadi pedas. Cabe adalah salah satu rempah terkuat yang bisa menimbulkan efek iritasi pada mulut yang disebut pedas itu. Meskipun rasanya seperti terbakar, namun rasa pedas juga membuat beberapa orang penasaran. Itulah sebabnya beberapa produk keripik yang memiliki rasa pedas tidak wajar cukup laku keras, padahal belum tentu yang membelinya mampu memakannya. Untuk anda yang memiliki masalah pada pencernaan anda, disarankan untuk menghindari konsumsi makanan pedas.
dampak makanan pedas
Menurut dr. Ari Fahrial Syam Sp.PD, ahli pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, masing-masing orang memiliki kepekaan usus yang berbeda-beda. Untuk mereka yang merasa kurang nyaman dengan perutnysa setelah menyantap makanan pedas, berarti ada masalah dengan pencernaan. Untuk itu tidak disarankan terlalu sering mengkonsumsi masakan yang pedas supaya tidak memperburuk keadaan pencernaannya. Ia juga berpesan agar orang yang merasa memiliki masalah pencernaan untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

Dokter Ari juga menceritakan tentang pasiennya yang mengalami keluhan sakit di lambung setelah memakan makanan berupa produk keripik pedas yang tidak wajar. Setelah diperiksa menggunakan teropong pencernaan, ternyata ditemukan bahwa lambungnya terluka. Konsumsi makanan pedas terlalu sering dan intensitas pedasnya terlalu kuat dapat menyebabkan dinding lambung lebih mudah mengalami luka. Penyakit yang terjadi akibat peradangan pada lapisan lambung ini disebut gastritis yang lebih dikenal sebagai maag. Lapisan dalam lambung dapat menipis dan rentan terkena infeksi apabila sering ditimpa dengan makanan-makanan yang pedas.

Rasa pedas dari cabai berasal dari zat capcaisin sebenarnya bermanfaat bagi tubuh manusia. Manfaatnya antara lain sebagai penghilang rasa sakit, anti peradangan, meningkatkan nafsu makan dan melancarkan buang air besar. Namun hukum alam tetap berlaku bahwa semua yang berlebihan itu tidak baik, sekalipun itu sebenarnya bermanfaat. Bagi orang yang ingin mengkonsumsi makanan super pedas, dianjurkan untuk mencampurnya dengan makanan lain supaya efek pedasnya berkurang. Selain itu juga lebih baik meminum obat pelindung lambung atau mukoprotektor. Penting bagi produsen makanan pedas untuk memberikan peringatan di kemasan produknya untuk mereka yang mengalami gangguan pencernaan. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *