Makanan berkarbohidrat pengganti nasi

admin June 22, 2012 0


Empat sehat lima sempurna, itulah slogan untuk makanan yang sehat dan sempurna. Salah satu syarat makanan yang baik dan sesuai dengan slogan tersebut adalah mengandung karbohidrat. Karbohidrat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi sehingga kita dapat beraktivitas dengan normal. Umumnya, sumber karbohidrat adalah nasi. Namun sebenarnya masih banyak sumber karbohidrat lainnya yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi sebagai bahan makanan pokok orang Indonesia.

Makanan berkarbohidrat pengganti nasi

Kandungan karbohidrat dalam nasi adalah jenis karbohidrat sederhana yang mudah terurai menjadi gula dalam tubuh. Itulah kenapa seringnya kita mudah lapar kalau makan nasi. Karbohidrat kompleks membuat kita kenyang lebih lama karena juga lama terurai menjadikannya lebih. Karbohidrat yang dibutuhkan oleh orang dewasa rata-rata adalah 1000 gram per hari. Sedangkan alternatif lain sumber karbohidrat selain nasi adalah sebagai berikut:

Singkong
Singkong adalah salah satu makanan pokok penduduk di beberapa daerah di Indonesia. Singkong merupakan umbi akar yang dapat diolah menjadi makanan yang mengenyangkan. Selain diolah secara tradisional, tepung singkong juga dapat diolah secara modern untuk menghasilkan makanan yang menarik dan memiliki nilai jual.

Ubi
Meskipun tanamannya tidak mirip, namun ubi dan singkong memiliki kemiripan dalam hal umbi yang berada di dalam tanah. Ubi memiliki akar yang membesar dan berisi tepung yang merupakan sumber karbohidrat. Ubi memiliki beberapa jenis, antara lain oranye dan ungu. Ubi ungu atau yang biasa disebut ubi Gatotkaca memiliki manfaat sebagai antioksidan dan pencegah penyumbatan darah. Cara memasak ubi itu beragam, mulai dari yang paling simpel hingga yang paling rumit. Hasil berbanding lurus dengan cara memasak.

Sagu
Makanan pokok penduduk di Indonesia timur ini biasanya tumbuh di daerah rawa-rawa atau daerah yang basah dengan air. Pohon sagu berbentuk seperti pohon palem dan yang diolah adalah batangnya. Bagian dalam batang sagu diserut kemudian diambil inti sarinya. Inti sari ini berbentuk bubuk yang kemudian dapat diolah menjadi makanan yang disukai.

Jagung
Tanaman yang dapat tumbuh pada daerah yang minim air dan kadar pH tanah yang tidak seimbang ini dapat menghasilkan buah yang manis dan disukai banyak orang. Jagung adalah makanan pokok masyarakat daerah Madura dan Nusa Tenggara. Kandungan asam folat dan serat dalam jagung baik untuk tubuh manusia. Cara praktis memakan jagung adalah dengan membakar atau merebusnya.

Kentang
Tanaman kentang mirip dengan ubi, namun tidak seperti ubi yang dapat tumbuh dimana saja, kentang hanya dapat tumbuh pada dataran yang tinggi dan beriklim lembab. Karbohidrat pada kentang memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk mereka yang sedang menjalani diet atau terkena diabetes mellitus. Penyajian kentang sangat mudah, yakni bisa dibakar, direbus atau dipanggang. Selain itu kentang juga mudah dipadukan dengan bahan makanan yang lain.

Untuk anda yang sedang dalam masa diet, mengetahui jenis karbohidrat pada makanan sangat membantu anda untuk menentukan makanan apa yang anda makan sehingga membuat anda kenyang lebih lama. Menu makanan yang kaya serat dan karbohidrat kompleks juga bisa membuat umur panjang, mengurangi resiko kanker dan penyakit pencernaan. Menurut sebuah penelitian, jenis makanan seperti ini jug mengurangi resiko diabetes serta meningkatnya kesehatan secara keseluruhan.

 

Leave A Response »