Macam-macam penyakit menular yang mengancam kita

penyakit menular demam berdarah

penyakit menular demam berdarah

Penyakit adalah suatu kondisi abnormal pada tubuh atau pikiran yang menyebabkan tidak nyaman, disfungsi atau kesulitan dari orang yang dipengaruhinya. Penyakit yang menyerang makhluk hidup dibagi menjadi dua yakni penyakit yang menular dan tidak menular. Penyakit yang menular umumnya diakibatkan oleh bakteri, vrus atau jamur sehingga dapat berpindah dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup yang lain. Penyakit tidak menular adalah penyakit yang disebabkan oleh masalah fisiologis dan metabolisme seperti sariawan dan sakit perut. Berikut adalah beberapa macam penyakit menular:

Penyakit campak

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus paramiksovirus. Penyakit ini menular dari ludah si penderita. Masa inkubasi penyakit ini adalah 10-14 hari. Penyakit ini gejalanya adalah panas, hidung berlendir, batuk, tenggorokan sakit, nyeri pada otot dan mata menjadi merah. Pada puncaknya penderita akan merasakan sakit, ruam di seluruh tubuh dan suhu badan yang tinggi. Penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin campak ketika masih bayi.

Penyakit demam berdarah

Demam beradarah adalah penyakit yang sering ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis, terutama pada musim hujan yang lembab. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus Dengue. Gejala penyakit ini seperti malaria, demam tifoid dan leptospirosis yakni suhu tubuh tinggi dan munculnya ruam. Untuk memastikan, penderita harus memeriksakan darahnya di lab. Tindakan efektif untuk mencegah demam berdarah adalah mencegah nyamuk Aedes Aegypti berkembang. Nyamuk ini berkembang dalam lingkungan air bersih, oleh karena itu segala penampungan air bersih atau benda-benda yang bisa menampung air bersih perlu diwaspadai.

Penyakit Diare

Diare disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Penderita akan mengalami buang air secara terus menerus dengan wujud feses yang cair. Jika terus berlanjut maka penderita bisa mengalami dehidrasi dan harus dirawat di rumah sakit. Pencegahan penyakit diare adalah dengan menjaga kebersihan tubuh, alat makan dan makanan yang kita makan. Cuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun selama 30 detik sangat disarankan.

Penyakit Influenza

Penyakit yang biasa disebut flu ini adalah penyakit menular paling umum diderita oleh orang banyak. Penyebab dari flu adalah virus RNA. Virus ini melakukan mutasi sepanjang waktu sehingga sulit dideteksi oleh sistem imunitas. Itulah yang menyebabkan tubuh selalu saja terkena flu dari tahun ke tahun. Seringnya mereka yang malas olahraga dan memiliki gaya hidup tidak sehat sehingga daya tahan tubuhnya menurun.

Penyakit Tuberkulosis (TBC)

Penyakit menular yang satu ini disebabkan oleh bakteri Mycobaterium tubeculosis yang menyerang paru-paru dan dikategorikan sebagai penyakit berbahaya. Di masa lalu, jutaan orang meninggal karena penyakit ini. Meskipun jumlahnya lebih sedikit, namun masih cukup banyak orang meninggal karena penyakit ini sekarang. Penyakit ini menular lewat kontak udara yang sama dengan penderita TBC. Oleh karena itu orang yang menderita penyakit TBC harus dikarantina dan diberikan terapi paling tidak selama 6 bulan.

Semoga uraian tentang beberapa macam penyakit menular  ini dapat membantu kita meningkatkan kesadaran atas bahaya penyakit-penyakit yang sewaktu-waktu dapat menjangkiti kita. Menjaga kesehatan dengan olahraga dan pola makan yang baik adalah wajib untuk dilakukan supaya kita tidak tertular penyakit. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *