Ketahui Manfaat donor darah bagi kesehatan kita

manfaat donor darah bagi kesehatan kita
manfaat donor darah bagi kesehatan kita
donor darah

Berbagi tak kan pernah rugi, itulah pepatah lama yang hingga saat ini masih berlaku. Selama yang kita berikan adalah kebaikan maka kita tidak akan menuai kerugian. Memang ketika kita memberikan sesuatu yang kita miliki kelihatannya rugi karena telah mengurangi apa yang kita miliki, namun pada akhirnya kita mendapat balasan yang lebih banyak. Percaya atau tidak, ini merupakan hukum alam yang telah di tentukan oleh Alloh yang maha esa.

Manfaat donor darah bagi kesehatan

Salah satu contohnya adalah donor darah atau memberikan darah kita. Ketika memberikan darah atau donor darah kita akan berkurang, namun kita tidak akan dirugikan karena darah yang berkurang, justru kita akan mendapatkan manfaat kesehatan yang banyak sekali. Berikut ini adalah beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan yang disandur dari blodsky melalui sodimi :

Donor darah bisa menyeimbangkan kadar besi

Bedasarkan sebuah studi, karena konsumsi makanan tidak sedikit orang yang kadar zat besi dalam tubuh mereka berlebihan. Jadi donor darah yang perlu sekali dilakukan untuk menyeimbangkan darah mereka. Perlu diketahui bahwa darah yang memiliki kadar zat besi tinggi tidak baik bagi kesehatan jantung. Bagi wanita, secara alami telah menyeimbangkan kadar zat besi pada tubuh ketika mengalami menstruasi. Sementara itu pria tidak mengalami menstruasi, jadi melakukan donor darah sangat baik sekali untuk dilakukan. Donor darah sangat baik baik pria muapun wanita.

Mengetahui kondisi kesehatan.

Pada umumnya, ketika akan melakukan donor darah, terlebih dahulu pendonor darah akan dites atau dicek kesehatannya. Ini penting sekali dilakan karena untuk mengetahui apakah pendonor menderita penyakit tertentu yang dapat ditularkan melalui darah atau tidak. Setelah dites kita bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita secara gratis. Dengan mengetahui kondisi kesehatan tubuh, kita menentukan tindakan apa yang perlu kita lakukan nantinya.

Mengurangi resiko kanker.

Siapa yang ingin terkena kanker, pastinya tidak ada yang ingin memiliki penyakit ganas tersebut. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa dengan mendonor darah maka kadar zat besi dalam tubuh kita akan berkurang. Nah ketika kadar zat besi bekrurang, maka berkurang juga resiko tubuh kita terkena kanker. Seperti kanker usus besar, paru, hati, tenggorokan dan lain-lain.

Jauh dari tekanan darah tinggi.

Ketika kita melakukan donor darah, maka volume darah pada tubuh kita akan seimbang. Dengan volume darah yang seimbang memungkinkan kita terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi.

Dapat Mengurangi kolesterol

Kolesterol juga terdapat pada sel darah merah, entah itu kolesterol jahat maupun baik. Dengan melakukan donor darah, maka jumlah kolesterol juga akan ikut berkurang bersama darah yang didonorkan tersebut.

Setelah mengetahui beberapa manfaat donor darah di atas, apakah berminat untuk donor darah? ya, kenapa tidak? Lakukan saja donor darah. Jangan takut dengan jarumnya, sakitnya hanya sebentar ketika ditusukkan ke kulit, setelah darah mengalir tidak terasa sakitnya. namun pastikan dulu bahwa kondisi tubuh kamu dalam konsisi yang sehat. Selamat mendonor.

Facebook Comments

3 comments

  1. Yati

    Tengkiu infonya….jadi semangat untuk bisa donor lagi…

  2. liza

    terima kasih ya atas pnjelasannya….
    saya jadi sangat terbantu nih dan artikel tadi dapat menambah wawasan saya .

    saya mengucapkan terima kasih sekali lagi

  3. Fachim

    Wah baru tau, selama ini donor karena ada saudara sakit dan butuh darah gol A, yang kebetulan sama.

    Trimakasih atas pencerahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *